Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29.000 Guru Honorer "Ngebet" Jadi CPNS!

Kompas.com - 06/07/2009, 11:51 WIB

SERANG, KOMPAS.com — Sebanyak 29.000 guru honorer di Provinsi Banten berharap bisa segera diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Para guru honor meyakini, dengan diangkat menjadi CPNS secara otomatis penghasilan mereka akan meningkat.

Hal itu mengemuka dalam forum dialog antara Forum Guru Honorer Banten dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Banten di Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2, Kota Serang, Banten, Minggu (5/7).

Sementara itu, Ketua PGRI Banten Odjat Sukarjat kepada pers menjelaskan, isu mengenai keinginan ribuan guru honorer yang ingin diangkat menjadi PNS sudah berkembang beberapa pekan terakhir ini.

"Beberapa pekan terakhir ada isu yang berkembang menyebutkan para guru honor ini akan diterima secara otomatis pada formasi CPNS akhir tahun ini tanpa melalui tes, kami memberikan penjelasan terkait hal itu," kata Odjat.

Odjat mengakui, dari segi pendapatan, guru honorer itu sangat rendah, yakni gaji guru honorer terendah Rp 100.000 per bulannya. Pemberian gaji bagi guru honorer tersebut bergantung pada kemampuan keuangan sekolah, karena guru honor diangkat dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah tempatnya mengajar.

"PGRI akan memfasilitasi aspirasi tersebut, salah satunya dengan mengusulkan agar komposisi bantuan operasional sekolah (BOS), jangan hanya disesuaikan dengan jumlah peserta didik yang ada, tetapi juga menghitung jumlah guru, khususnya guru honor. Jadi jangan murid saja yang dibantu, kesejahteraan guru juga harus diperhatikan," kata Odjat.

Ia menambahkan, para guru honor itu bisa diangkat menjadi CPNS dengan catatan, sudah tidak ada lagi guru bantu sekolah yang tidak berstatus non-CPNS.

"Jadi angkat dulu semua guru bantu sekolah menjadi CPNS, baru setelah itu guru honor. Data menunjukkan, ada sekitar 2.000 guru bantu sekolah yang belum diangkat menjadi CPNS," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Guru Honor Banten Tb Zaenal Abidin mengatakan, sudah sepantasnya pemerintah daerah memberikan perhatian kepada guru honor tersebut karena mereka sudah berupaya ikut mencerdaskan bangsa.

"Ada yang sudah mengajar belasan tahun, tapi belum ada kejelasan status," kata Zaenal.

Dia menambahkan, usulan untuk mengangkat guru honor menjadi PNS ini sudah diusulkan ke Pemerintah Provinsi Banten. Pemerintah pun menyambut baik.

"Memang pemerintah tidak menjanjikan, tapi akan memperjuangkan status guru honor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com