Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Mendiknas, Konsepnya Harus Jelas!

Kompas.com - 07/07/2009, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyaknya persoalan yang dihadapi di dunia pendidikan Indonesia menimbulkan keprihatinan dari mantan Menteri Pendidikan Daoed Joesoef bahwa perbaikan konsep pendidikan saat ini mutlak diperlukan. 

Menurutnya, pendidikan di Indonesia harus memiliki konsep atau visi yang jelas ke depan dari seorang pemimpin (Menteri Pendidikan Nasional) karena berbicara mengenai pendidikan berarti berbicara mengenai kehidupan di masa depan.

"Pendidikan itu berdampak pada kehidupan kita di masa depan sehingga harus dipikirkan konsepnya, jadi bukan hanya mencari keuntungan untuk tujuh turunan saja," ujar Daoed di sela-sela diskusi Mencari Profil Ideal Mendiknas di Jakarta, Selasa (7/7).

Konsep pendidikan yang seharusnya dimiliki Indonesia, menurut Daoed, adalah konsep yang menjadikan pendidikan sebagai bagian dari kebudayaan dan menghayatinya. Dengan begitu, pendidikan nasional merupakan pendidikan yang membelajarkan nilai-nilai yang berkaitan dengan kebangsaan dan ideologi nasional.

Kemudian, konsep pendidikan nasional juga harus bisa membuat anak-anak menjadi peduli dengan nilai-nilai yang mendorong untuk membentuk disposisi sikap ke arah lingkungannya. Konsep tersebut juga harus mencerdaskan kehidupan bangsa dengan jalan menyeimbangkan antara alam (nature) dan budaya (culture).

"Melakukan penjenjangan pendidikan dari informasi, pengetahuan, sampai kearifan sehingga dapat membantu kita hanyut dalam demokrasi," ujarnya.

Selanjutnya, dengan konsep penjenjangan atau strata, secara tidak langsung hal itu akan membina anak-anak mencari hidup yang hilang dari penghidupan. Konsep ini akan mendidik anak untuk belajar bagaimana belajar (to learn), unlearn, serta relearn nilai-nilai yang dapat berguna bagi kehidupan bermasyarakat.

"Belajar untuk menjadi terpelajar adalah suatu pencarian, artinya kita harus belajar terus-menerus karena nilai dan ilmu pengetahuan selalu berubah sesuai zaman atau life long education," ujarnya. "Karena itu perbaikan konsep pendidikan mutlak diperlukan," tambahnya. (M1-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com