Indonesia Kirim 19 Siswa Terbaiknya

Kompas.com - 08/07/2009, 17:43 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mengirimkan siswa-siswa SMA terbaiknya ke berbagai olimpiade sains internasional. Sebanyak 19 siswa SMA yang diseleksi ketat dan dibina intensif itu akan bersaing dengan siswa dari negara lain di bidang Fisika, Matematika, Biologi, dan Kimia.

Saat menerima tim-tim olimpiade sains internasional tersebut, Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Suyanto di Jakarta, Selasa (7/7), berharap agar pelajar Indonesia itu dapat mempertahankan nama harum Indonesia dalam kompetisi sains yang bergengsi di dunia internasional. Prestasi pelajar Indonesia dinilai menggembirakan karena sepanjang tahun 2008 berhasil memperoleh 118 medali emas.

”Kita tantang Tim Olimpiade Matematika Indonesia bisa pulang membawa medali emas tahun ini. Tradisi membawa pulang medali emas harus bisa dipecahkan tim ini,” kata Suyanto.

Tradisi Emas
Sebanyak enam pelajar Indonesia akan berlomba di Olimpiade Matematika Internasional di Bremen, Jerman. Selama 20 kali ikut, Indonesia memperoleh 3 medali perak, 12 perunggu, dan 25 honorable mention.

Adapun Tim Olimpiade Fisika Indonesia mengirimkan lima pelajar ke Meksiko. Lomba itu diikuti 85 negara, tetapi tradisi meraih medali emas mampu dipertahankan, baik di tingkat Asia maupun internasional.

Sementara itu, empat pelajar Indonesia akan ikut dalam Olimpiade Biologi Internasional di Tsukuba, Jepang. Olimpiade ini diikuti sebanyak 220 siswa dari 55 negara.

Di bidang Kimia, empat pelajar Indonesia akan bersaing dengan siswa dari 66 negara di Olimpiade Kimia Internasional di London, Inggris. Prestasi tak terduga tahun lalu, dengan meraih 1 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu, menambah keyakinan jika Indonesia bisa berjaya di bidang Kimia.

”Pokoknya harus percaya diri saat lomba nanti. Kami akan berusaha untuk berprestasi terbaik bagi Indonesia,” kata Dimas Ramadhan, salah satu peserta Tim Olimpiade Kimia Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.