Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Bangku Kosong Masih Banyak...

Kompas.com - 09/07/2009, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap II yang berlangsung mulai hari ini, Kamis (9/7), sampai besok, Jumat (10/7), masih terbuka kesempatan bagi para siswa untuk memeroleh bangku kosong.

Di wilayah DKI Jakarta, jumlah bangku kosong, yang sebelumnya hanya 504, kini bertambah menjadi 7.697. Penambahan kursi itu terjadi karena 7.193 siswa yang diterima di SMP/SMA/SMK negeri telah dinyatakan gugur karena tidak lapor diri pada 6-7 Juli lalu. Tercatat, keseluruhan siswa yang tidak lapor diri tersebut berasal dari DKI Jakarta.

Seperti terlihat di SMAN 24 Jakarta, Kamis (9/7) pagi, Wakil Kepala Sekolah SMAN 24, Emi, menuturkan, meskipun bangku kosong di sekolah tersebut hanya tersedia 7 bangku dengan passsing grade 7,213, animo pendaftar di hari pertama PPDB Tahap II cukup tinggi. Tak kurang, dua puluh siswa sudah mendaftar untuk berebut tujuh bangku kosong itu.

Sementara itu, terkait lonjakan jumlah bangku kosong tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengaku belum mengetahui penyebabnya. Data Disdik DKI menyebutkan, calon siswa SMPN yang tidak lapor diri sebanyak 4.276 orang, calon siswa SMAN mencapai 1.806 orang, sedangkan SMKN sebanyak 1.111 orang.

Kepala Disdik DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, kemarin (8/7) menyatakan, sesuai ketentuan yang berlaku, siswa yang tidak lapor diri pada PPDB Tahap I dinyatakan gugur.

”Sejak jauh hari kami sudah menyosialisasikan bahwa siswa yang diterima dalam PPDB tahap I wajib lapor diri pada 6-7 Juli hingga pukul 15.00. Jika mereka tidak lapor, maka haknya sebagai siswa baru secara otomatis gugur,” katanya.

Selain SMAN 24, bangku kosong di tingkat SMA terdapat di SMAN 1 hingga SMAN 115 dengan jumlah yang bervariasi. Di SMAN 1 terdapat 11 bangku, di SMAN 2 ada 7, serta di SMAN 3 ada 22 bangku. Sementara itu, untuk SMAN 69 dan SMAN 116, sampai kemarin belum juga ada data yang masuk ke Disdik DKI.

”Data SMAN 69 dan SMAN 116 belum masuk, jadi belum diketahui kuota di sana sudah terpenuhi atau masih ada bangku kosong,” ujar Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com