IMF Naikkan Proyeksi Ekonomi Global 2010

Kompas.com - 09/07/2009, 11:56 WIB
Editor

WASHINGTON, KOMPAS.com — Dana Moneter Internasional (IMF), Rabu (8/7) waktu setempat, menaikkan proyeksinya untuk pertumbuhan ekonomi global 2010 sebesar 0,6 poin menjadi 2,5 persen, tetapi mengatakan pemulihan dari resesi akan melambat.

Sementara untuk 2009, terjadi kontraksi 1,4 persen seluruh ekonomi global. "Ekonomi global yang mulai keluar dari resesi yang belum pernah terjadi sebelumnya pasca era Perang Dunia II, namun stabilisasi tidak merata dan pemulihan diperkirakan menjadi lambat," kata IMF dalam World Economic Outlook (WEO) tengah tahunan yang diperbarui. 

"Kondisi keuangan telah membaik lebih dari yang diharapkan, terutama karena intervensi publik, dan data terakhir menunjukkan bahwa tingkat penurunan kegiatan ekonomi adalah moderat, walaupun di derajatnya di berbagai kawasan berbeda." 

"Meskipun ini tanda-tanda positif, resesi global belum berakhir, dan pemulihan masih diperkirakan akan lambat, karena sistem keuangan masih buruk, dukungan dari kebijakan publik secara bertahap akan berkurang, dan rumah tangga di negara-negara yang mengalami ledakan harga aset akan kembali menabung." 

IMF memproyeksikan, volume perdagangan global akan jatuh 12,2 persen tahun ini, 1,2 poin lebih tajam dari proyeksi dalam WEO April. Perdagangan akan tumbuh 1,0 persen pada tahun 2010, sebuah kenaikan 0,4 poin dari proyeksi sebelumnya.

Namun, ekonomi-ekonomi maju diperkirakan masih merosot pada tahun depan, dan "tidak diproyeksikan untuk menampilkan kenaikan berkelanjutan dalam aktivitasnya sampai paruh kedua 2010," kata IMF.

Di antara ekonomi-ekonomi terkemuka, Amerika Serikat dan Jepang yang diproyeksikan tumbuh lebih kuat dari yang diperkirakan.

Untuk AS, IMF menunjuk pada perbaikan di pasar tenaga kerja dan perumahan, produksi industri, dan keyakinan konsumen dan bisnis. "Perkembangan ini sesuai dengan stabilisasi dari output (produksi) selama paruh kedua 2009 dan dengan bertahap pemulihan muncul di tahun 2010," kata IMF. 

IMF memproyeksikan ekonomi terbesar di dunia itu akan menyusut 2,6 persen pada tahun 2009, 20-an poin lebih rendah dari perkiraan sebelumnya, dan menjadi 0,8 persen pada tahun 2010, sebagai pengganti pertumbuhan nol dalam proyeksi sebelumnya. 

Kenaikan tajam terjadi pada proyeksi untuk Jepang, yaitu 1,7 persen pada tahun 2010, naik tajam 1,2 poin.  Pertumbuhan pada tahun ini, di ekonomi terbesar kedua itu, diperkirakan negatif 6,0 persen, sebagai pengganti kontraksi 6,2 persen para ramalan sebelumnya. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.