ITB Juara Dunia, Gondol Imagine Cup 2009!

Kompas.com - 10/07/2009, 17:30 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Satu lagi prestasi Indonesia di kancah internasional! Tim "Big Bang" ITB menjuarai Imagine Cup 2009 yang digelar oleh Microsoft pada final 3-7 Juli 2009 lalu di Kairo, Mesir. Tim Brasil dan Kroasia menyusul di tempat kedua dan ketiga. 

Kemenangan tersebut setelah tim 'Big Bang' ITB masuk ke babak final untuk berlaga di kategori utama, yaitu desain perangkat lunak. Demikian pengumuman yang disampaikan oleh Manager Public Relation PT Microsoft Indonesia Mona Moningka, di Jakarta, Jumat (10/7).

Dengan proyek yang diberi nama "MOSES" (Malarian Observation System and Endemic Surveliance), tim ITB tersebut beranggotakan David Samuel, Doddy Dharma, Dominikus Damas, dan Samuel Simon, serta Ella Madanela sebagai mentor. MOSES adalah aplikasi yang dirancang untuk mengurangi kematian akibat malaria dengan kecepatan deteksi hasil gabungan teknologi client runtime dan dengan aplikasi PDA.

"Dengan penemuan ini, diharapkan penanganan malaria bisa dipercepat untuk menyelamatkan nyawa penderita DB (demam berdarah), khususnya di daerah pedesaan terpencil," ujar Mona.

"Tahun ini, jumlah siswa yang terdaftar mengikuti kompetisi ini mencapai lebih dari 300.000 siswa dari 100 negara dan daerah, dan pelaksanaan kali ini cukup istimewa karena Indonesia masuk ke dalam beberapa kategori lainnya," ujar Mona.

Sebelumnya, selain ITB, tim Indonesia yang berhasil maju ke babak final adalah tim UI di kategori Embedded Development bertajuk "Bahari", tim UGM dengan inovasinya, "Traffstopper", untuk melacak korban trafficking, dan tim "Latansa", juga dari UI, yang menciptakan SMS berbasis sistem monitoring dan portal informasi untuk membantu pasien tuberkulosis melakukan perawatan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X