Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Juara Dunia, Gondol Imagine Cup 2009!

Kompas.com - 10/07/2009, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Satu lagi prestasi Indonesia di kancah internasional! Tim "Big Bang" ITB menjuarai Imagine Cup 2009 yang digelar oleh Microsoft pada final 3-7 Juli 2009 lalu di Kairo, Mesir. Tim Brasil dan Kroasia menyusul di tempat kedua dan ketiga. 

Kemenangan tersebut setelah tim 'Big Bang' ITB masuk ke babak final untuk berlaga di kategori utama, yaitu desain perangkat lunak. Demikian pengumuman yang disampaikan oleh Manager Public Relation PT Microsoft Indonesia Mona Moningka, di Jakarta, Jumat (10/7).

Dengan proyek yang diberi nama "MOSES" (Malarian Observation System and Endemic Surveliance), tim ITB tersebut beranggotakan David Samuel, Doddy Dharma, Dominikus Damas, dan Samuel Simon, serta Ella Madanela sebagai mentor. MOSES adalah aplikasi yang dirancang untuk mengurangi kematian akibat malaria dengan kecepatan deteksi hasil gabungan teknologi client runtime dan dengan aplikasi PDA.

"Dengan penemuan ini, diharapkan penanganan malaria bisa dipercepat untuk menyelamatkan nyawa penderita DB (demam berdarah), khususnya di daerah pedesaan terpencil," ujar Mona.

"Tahun ini, jumlah siswa yang terdaftar mengikuti kompetisi ini mencapai lebih dari 300.000 siswa dari 100 negara dan daerah, dan pelaksanaan kali ini cukup istimewa karena Indonesia masuk ke dalam beberapa kategori lainnya," ujar Mona.

Sebelumnya, selain ITB, tim Indonesia yang berhasil maju ke babak final adalah tim UI di kategori Embedded Development bertajuk "Bahari", tim UGM dengan inovasinya, "Traffstopper", untuk melacak korban trafficking, dan tim "Latansa", juga dari UI, yang menciptakan SMS berbasis sistem monitoring dan portal informasi untuk membantu pasien tuberkulosis melakukan perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com