Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduh, Anggaran Sekolah Gratis Masih Kurang!

Kompas.com - 13/07/2009, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Program sekolah gratis memang sangat membantu orangtua murid karena mereka tidak lagi harus membayar uang pangkal ataupun iuran per bulan sang anak. Sebaliknya, bagi pihak sekolah, anggaran untuk sekolah gratis dirasakan masih kurang.

Akibatnya, pihak sekolah harus mencari cara untuk memenuhi kekurangannya. Hal tersebut diungkapkan oleh Alex Djumudi, Kepala Sekolah SDN 02 Pagi, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (13/7).

"Anggaran itu kurang, terlebih pada sekolah yang mempunyai banyak ekskul seperti kami. Tapi kami tidak akan meminta kepada orangtua murid, karena itu menyalahi aturan," ujar Alex.

Menurutnya, anggaran program sekolah gratis berasal dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pemda sebesar Rp.400.000 per siswa per tahun, serta Bantuan Operasional Pemda (BOP) Rp 720.000 per siswa per tahun.

Alex menambahkan, biasanya kekurangan dana akan sangat terasa pada saat sekolah ingin mengikuti lomba-lomba ekstrakulikuler. Hal itu juga kerap terjadi saat sekolah mengadakan acara seperti perpisahan atau acara hari besar keagamaan.

Kurangnya anggaran, lanjut Alex, juga membuat pihak sekolah harus bernegoisasi dengan pembina ekstrakurikuler agar mereka mau dibayar dengan honor murah. Untuk mengakalinya, Alex akan meminta bantuan pada komite sekolah. Biasanya komite sekolah akan memberikan batuan misalnya transportasi atau konsumsi.

"Ada juga patungan, tetapi sifatnya tidak memberatkan," terang Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com