150 Anak Menangkan Beasiswa SMAN 10 Malang-Sampoerna Academy

Kompas.com - 17/07/2009, 16:12 WIB
Editor

 

MALANG, KOMPAS.com- Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 150 pelajar dari berbagai daerah di Jawa Timur terpilih sebagai penerima beasiswa SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Program ini merupakan program sekolah menengah atas bertaraf internasional, berasrama, dan bebas biaya.

Program SMAN 10 (Sampoerna Academy) merupakan kerja sama SMAN 10, Sampoerna Foundation, serta pemerintah daerah dan Departemen Pendidikan Nasional. Acara inagurasi yang diadakan di SMAN 10 Malang, Jumat (17/7) dibuka oleh Walikota Malang, Peni Suparto.

Dalam pembukaan program tersebut Peni mengatakan, Kota Malang terbuka dengan berbagai inovasi pendidikan. "Kami menginginkan agar pendidikan di Kota Malang kualitasnya merata. Kemitraan dengan berbagai pihak penting dan perlu dikembangkan," ujarnya.

Direktur Program dan Urusan Alumni Sampoerna Foundation Eddy Henry mengungkapkan, 150 anak tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Sampoerna Foundation dengan nilai beasiswa per tahun 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 50 juta per anak. Dengan kata lain, mereka menikmati pendidikan gratis sepenuhnya. Mereka tinggal di asrama yang sementara ini berlokasi di Universitas Islam Negeri Malang. Dalam waktu dekat, akan dibangun asrama di dekat sekolah.

Model kurikulum bagi 150 penerima beasiswa di sekolah tersebut merupakan perpaduan khusus kurikulum internasional ( Cambridge University atau IGCSE) dan nasional.

Program Sampoerna Academy tersebut akan diselenggarakan pula di SMA Negeri Internasional Sumatera Selatan di Kota Palembang. Program itu didukung dari donasi dari perusahaan-perusahaan yang pe duli pendidikan.

 

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.