Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Anak Menangkan Beasiswa SMAN 10 Malang-Sampoerna Academy

Kompas.com - 17/07/2009, 16:12 WIB

 

MALANG, KOMPAS.com- Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 150 pelajar dari berbagai daerah di Jawa Timur terpilih sebagai penerima beasiswa SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Program ini merupakan program sekolah menengah atas bertaraf internasional, berasrama, dan bebas biaya.

Program SMAN 10 (Sampoerna Academy) merupakan kerja sama SMAN 10, Sampoerna Foundation, serta pemerintah daerah dan Departemen Pendidikan Nasional. Acara inagurasi yang diadakan di SMAN 10 Malang, Jumat (17/7) dibuka oleh Walikota Malang, Peni Suparto.

Dalam pembukaan program tersebut Peni mengatakan, Kota Malang terbuka dengan berbagai inovasi pendidikan. "Kami menginginkan agar pendidikan di Kota Malang kualitasnya merata. Kemitraan dengan berbagai pihak penting dan perlu dikembangkan," ujarnya.

Direktur Program dan Urusan Alumni Sampoerna Foundation Eddy Henry mengungkapkan, 150 anak tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Sampoerna Foundation dengan nilai beasiswa per tahun 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 50 juta per anak. Dengan kata lain, mereka menikmati pendidikan gratis sepenuhnya. Mereka tinggal di asrama yang sementara ini berlokasi di Universitas Islam Negeri Malang. Dalam waktu dekat, akan dibangun asrama di dekat sekolah.

Model kurikulum bagi 150 penerima beasiswa di sekolah tersebut merupakan perpaduan khusus kurikulum internasional ( Cambridge University atau IGCSE) dan nasional.

Program Sampoerna Academy tersebut akan diselenggarakan pula di SMA Negeri Internasional Sumatera Selatan di Kota Palembang. Program itu didukung dari donasi dari perusahaan-perusahaan yang pe duli pendidikan.

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com