Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Beasiswa untuk SMA/MA Rp 150.000 Per Bulan!

Kompas.com - 21/07/2009, 11:40 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Para pelajar Indonesia di Eropa membentuk LintangIndonesia untuk menggalang dana pendidikan beasiswa bagi siswa SMA/MA atau yang sederajat dan kurang mampu di tahun ajaran 2009/2010 ini.

Sampai detik ini, masih banyak anak Indonesia yang terhambat pendidikannya karena masalah biaya. Padahal, di sisi lain, pendidikan itu sendiri merupakan investasi besar bagi masa depan bangsa.

Berbekal kesadaran akan pentingnya pendidikan itulah, LintangIndonesia melakukan gerakan penggalangan dana yang disalurkan sebagai beasiswa pendidikan bagi para pelajar di Indonesia. Beasiswa tersebut diberikan selama 12 bulan, sejak Juli 2009–Juni 2010.

Diberikan kepada 25 siswa dengan besaran Rp 150.000 per bulan, aplikasi beasiswa ini dibuka sampai tanggal 31 Agustus 2009 mendatang. Hasil seleksinya baru akan diumumkan pada September 2009.

Menurut Widyawan, mahasiswa Indonesia di Irlandia, LintangIndonesia dibentuk atas keinginan para pelajar Indonesia di Irlandia untuk dapat berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi tanah air Indonesia, khususnya di dunia pendidikan. Dana beasiswa itu dikumpulkan dari iuran bulanan anggota yang tersebar di beberapa negara di Eropa, seperti Irlandia, Jerman, serta Belanda, selain juga dari komunitas mahasiswa di Indonesia sendiri.

Sejak berdirinya pada November 2007, LintangIndonesia sudah menyalurkan beasiswa kepada 19 orang siswa sebesar Rp 27, 35 juta. Tahun ini, LintangIndonesia kembali menggulirkan program beasiswa tersebut bagi 25 pelajar Indonesia.

Bagi yang membutuhkan beasiswa ini bisa langsung mengunduh formulirnya di http://lintangindonesia.org/files/lintangformulir.pdf. Aplikasi dan dokumen pendukung bisa dikirim ke sekretariat LintangIndonesia di Kompleks Gedung Putih, Pondok Krapyak, Yogyakarta, melalui kode pos 55011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com