Pak Dosen, Beasiswa Fulbrigth Dikti Masih Terbuka Lho...

Kompas.com - 22/07/2009, 11:40 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat program 'Beasiswa Fulbright-Dikti' yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) bekerjasama dengan Yayasan Pertukaran Pendidikan Indonesia-Amerika (AMINEF) masih membuka kesempatan bagi para dosen tetap di PTN atau swasta.

Hingga jelang akhir tahun ini, beasiswa tersebut masih terbuka luas, khusus bagi para dosen tetap yang ingin menempuh program studi pascasarjana atau mengadakan penelitian di Amerika Serikat (AS) dalam disiplin ilmu apapun kecuali kedokteran yang berkaitan dengan perawatan pasien atau pelatihan medis.

Bagi yang tertarik meraih beasiswa Program Master, syarat IPK minimum harus mencapai 3,00 dengan nilai TOEFL minimum 550. Sementara untuk Program Doktor, syarat peserta harus bergelar Master (S2) dengan IPK minum 3,0 dan nilai TOEFL 575. Namun, mereka yang memiliki nilai TOEFL hanya 550 masih berhak dipertimbangkan untuk di bidang-bidang tertentu.

Khusus beasiswa Program Penelitian Penulisan Disertasi, syarat utama pelamar adalah mahasiswa program S3 di universitas-universitas Indonesia yang sedang berada pada tahap penulisan akhir disertasi. Untuk program ini, lamanya penelitian akan dibatasi maksimum selama empat bulan dan dikerjakan di AS. 

Syarat pendukung lain untuk program tersebut tetap berupa nilai TOEFL, yang minimum mencapai 525. Namun tentunya, peserta dengan nilai di atas 550 akan lebih dipertimbangkan untuk memeroleh beasiswa penelitian ini.

Terakhir, adalah program beasiswa untuk Program Peneliti Senior. Program ini diperuntukkan bagi para dosen bergelar doktor yang ingin mengadalan penelitian selama 3-6 bulan di AS. Meski tidak mensyaratkan nilai TOEFL, pelamar beasiswa harus sanggup menunjukkan kefasihannya berbahasa Inggris yang akan digunakannya untuk berbagai keperluan penelitian di negara tersebut.

Tenggat waktu pendaftaran khusus Program Master, Doktor, serta Penelitian Penulisan Disertasi akan ditutup pada 31 Juli 2009 atau pekan depan. Sementara itu, untuk Program Peneliti Senior diberikan tenggat panjang sampai 1 Oktober 2009 mendatang.

Informasi lengkap beasiswa ini bisa diperoleh di 'Fulbrigth-Dikti Scholarship Program' di Direktorat Jenderal Dikti Departemen Pendidikan Nasional, U.P. Direktur Keuangan di Jl Pintu Senayan I, Lantai 5, Jakarta, 10002. Formulir pendaftaran bisa diunduh dari www.ditnaga-dikti.org atau www.aminef.or.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.