Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pak Dosen, Beasiswa Fulbrigth Dikti Masih Terbuka Lho...

Kompas.com - 22/07/2009, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat program 'Beasiswa Fulbright-Dikti' yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) bekerjasama dengan Yayasan Pertukaran Pendidikan Indonesia-Amerika (AMINEF) masih membuka kesempatan bagi para dosen tetap di PTN atau swasta.

Hingga jelang akhir tahun ini, beasiswa tersebut masih terbuka luas, khusus bagi para dosen tetap yang ingin menempuh program studi pascasarjana atau mengadakan penelitian di Amerika Serikat (AS) dalam disiplin ilmu apapun kecuali kedokteran yang berkaitan dengan perawatan pasien atau pelatihan medis.

Bagi yang tertarik meraih beasiswa Program Master, syarat IPK minimum harus mencapai 3,00 dengan nilai TOEFL minimum 550. Sementara untuk Program Doktor, syarat peserta harus bergelar Master (S2) dengan IPK minum 3,0 dan nilai TOEFL 575. Namun, mereka yang memiliki nilai TOEFL hanya 550 masih berhak dipertimbangkan untuk di bidang-bidang tertentu.

Khusus beasiswa Program Penelitian Penulisan Disertasi, syarat utama pelamar adalah mahasiswa program S3 di universitas-universitas Indonesia yang sedang berada pada tahap penulisan akhir disertasi. Untuk program ini, lamanya penelitian akan dibatasi maksimum selama empat bulan dan dikerjakan di AS. 

Syarat pendukung lain untuk program tersebut tetap berupa nilai TOEFL, yang minimum mencapai 525. Namun tentunya, peserta dengan nilai di atas 550 akan lebih dipertimbangkan untuk memeroleh beasiswa penelitian ini.

Terakhir, adalah program beasiswa untuk Program Peneliti Senior. Program ini diperuntukkan bagi para dosen bergelar doktor yang ingin mengadalan penelitian selama 3-6 bulan di AS. Meski tidak mensyaratkan nilai TOEFL, pelamar beasiswa harus sanggup menunjukkan kefasihannya berbahasa Inggris yang akan digunakannya untuk berbagai keperluan penelitian di negara tersebut.

Tenggat waktu pendaftaran khusus Program Master, Doktor, serta Penelitian Penulisan Disertasi akan ditutup pada 31 Juli 2009 atau pekan depan. Sementara itu, untuk Program Peneliti Senior diberikan tenggat panjang sampai 1 Oktober 2009 mendatang.

Informasi lengkap beasiswa ini bisa diperoleh di 'Fulbrigth-Dikti Scholarship Program' di Direktorat Jenderal Dikti Departemen Pendidikan Nasional, U.P. Direktur Keuangan di Jl Pintu Senayan I, Lantai 5, Jakarta, 10002. Formulir pendaftaran bisa diunduh dari www.ditnaga-dikti.org atau www.aminef.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com