Indonesia Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade Fisika

Kompas.com - 23/07/2009, 08:33 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) berhasil mempertahankan medali emas dalam kejuaraan International Physics Olympiad (IPHO) Ke-40 di Merida Yucatan, Meksiko, yang berlangsung pada 12-19 Juli 2009.

Dari lima wakil yang dikirim, semuanya meraih medali masing-masing 1 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Satu-satunya peraih emas adalah Fernaldo Richtia Winnerdy dari SMAK BPK Penabur, Gading Serpon, Banten.

Peraih perak masing-masing Winson Tanputraman dari SMAK 1 BPK Penabur Jakarta, Dzuhri Radityo Utomo dari SMAN 1 Yogyakarta, dan Andri Pradana dari SMAK 1 BPK Penabur Jakarta. Sementara itu, peraih perunggu adalah Paul Zakaria Fajar Hanakata dari SMAN 1 Denpasar, Bali.

"Saya merasa cukup puas dan bangga karena tim IPHO Indonesia bisa mempertahankan medali emas dan semua peserta merebut medali," ujar dr Sungkowo, Direktur Pembinaan SLTA, seusai kepulangan tim TOFI, Rabu (22/7) petang.

Ia menambahkan, siswa yang mendapatkan medali pada kejuaraan IPHO akan diberi beasiswa, di antaranya untuk medali emas akan mendapat beasiswa hingga program S-3 dan perguruan tingginya dipilih berdasarkan kehendak siswa. Peraih medali perak mendapat beasiswa hingga program S-2 dan perguruan tingginya juga dipilih berdasarkan kehendak siswa. Peraih medali perunggu mendapat beasiswa hanya program S-1 dan perguruan tingginya hanya di Indonesia yang dipilih oleh pemerintah.

Menurutnya, dengan berhasilnya Indonesia merebut medali emas, akan sedikit mengobati citra Indonesia di mata dunia akibat peristiwa ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.