Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Ingin Perkuat Kerjasama Pendidikan

Kompas.com - 28/07/2009, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guncangan keamanan yang sedang berlangsung di Indonesia ternyata tidak mengurungkan minat Amerika Serikat untuk berkunjung. Hari ini, Selasa (28/7), delegasi AS datang ke Indonesia untuk menjalin hubungan komprehensif dengan Indonesia di bidang pendidikan.

“Kerjasama AS-Indonesia sangat luar biasa ini sudah terjalin dari waktu yang lama dan saya berharap ini terjalin untuk selamanya," ujar David Merrill, Presiden The United States-Indonesia Society (USINDO).

David menambahkan, sudah 60 tahun hubungan kerjasama terjalin, tetapi tahun ini merupakan tahun paling penting dalam kerjasama ini. Edukasi adalah bidang yang paling penting dan saya berharap bidang lain kita juga bisa berkerjasama," tambahnya.

Edukasi, lanjut David, tidak bisa hanya dijalankan oleh kedua pemerintah saja dan membutuhkan proses yang panjang. Untuk itulah kerjasama ini sangat diperlukan.

Kunjungan ini diikuti sebanyak 23 anggota delegasi dan pimpinan beberapa universitas terkemuka di AS serta pejabat pemerintah. Kunjungan ini juga akan dimanfaatkan untuk melakukan berbagai dialog dengan beberapa universitas di Jakarta dan Yogyakarta, yang berlangsung sejak 26 Juli hingga 1 Agustus 2009 mendatang. Hari ini, para delegasi ini juga akan berkunjung ke UI dan IPB.

“Program ini sudah lama tapi hanya menambah saja apa yang sudah ada,” jelas Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Prof. Dr. Bambang Sudibyo, seusai acara kunjungan delegasi tersebut di kantor Depdiknas, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com