September, 62 Peraih Beasiswa Erasmus Mundus ke Eropa!

Kompas.com - 29/07/2009, 16:36 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 62 mahasiswa akan diberangkatkan ke Eropa pada September 2009 mendatang. Mereka merupakan peraih Beasiswa Erasmus Mundus yang lolos seleksi dari 678 mahasiswa pendaftar untuk 103 pilihan program sarjana.

Tiap tahun, Komisi Eropa selalu memberikan beasiswa tersebut pada mahasiswa yang ingin menempuh pasca sarjana atau dosen yang ingin melakukan penelitian atau mengajar di Eropa dalam jangka pendek.

Tahun ini saja, tercatat sekitar 55 mahasiswa dan 7 dosen yang diberi beasiswa. 62 mahasiswa tersebut akan berangkat bulan September mendatang. Mereka merupakan hasil seleksi dari 678 mahasiswa yang mendaftar untuk 103 pilihan program sarjana.

Sebagian besar mahasiswa tersebut berasal dari unversitas negeri seperti UI, ITB, UGM, serta Unpad. Namun, tak sedikit pula dari para penerima beasiswa itu merupakan sarjana dari beberapa universitas luar negeri seperti dari Universiti Kebangsaan Malaysia atau University of Newscastle, dan lain-lainnya.

“Kriteria penerima beasiswa dilihat dari IPK, tidak ada patokan nilai maksimal. tetapi persaingan ini hanya dilihat dari pendaftar yang masuk," ujar Project Officer European Union Destriani Nugroho, di Jakarta, Rabu (29/7).

Selain kriteria itu, lanjut Destriani, adalah nilai Toefl mereka. Mereka yang memiliki nilai 500 atau 600 otomatis akan mengalahkan yang nilainya 400. Pun, di sini tidak ada tes wawancara.

Destriani menambahkan, masing-masing penerima beasiswa akan mendapat 1600 euro per bulan. Masa belajar S2 selama 2 tahun dan libur 2 bulan setiap tahunnya. (M2-09)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.