Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sekolah Alam, Guru adalah Teman!

Kompas.com - 30/07/2009, 10:04 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Guna menekankan siswa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, Sekolah Alam Bandung mengajarkan siswanya agar dapat berinteraksi langsung dengan alam.

"Banyak sekali kegiatan pembelajaran terkait lingkungan, di antaranya para siswa diajak menanam tanaman dan memelihara hewan ternak," kata Eko Kurnianto, Ketua Yayasan Sekolah Alam Bandung, Kamis (30/7).

Selain itu, para siswa diajarkan mengelola sampah dengan baik dan benar dengan cara menjadikan pupuk kompos. Selain itu, mereka juga mengajarkan agar siswa tidak membuang sampah sembarangan.

Menurutnya, walaupun lebih terfokus pada lingkungan, sekolah yang didirikan sejak awal 2001 ini tetap mengajarkan mata pelajaran umum seperti Matametika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta Ilmu Pengetahuan Alam.

Selain itu, sekolah ini juga memunyai tiga kurikulum khas yaitu kurikulum akhlak meliputi keimanan, ibadah, Al-quran, sikap hidup, serta interaksi dengan alam. Kurikulum sikap ilmiah dan Falsafah Ilmu Pengetahuan meliputi bahasa, sains, daya pikir, daya kreasi, dan seni. Sementara kurikulum untuk leadership skill meliputi outward bound, pendidikan jasmani, kewirausahaan, serta sosial kemasyarakatan.

"Dalam sekolah alam ini kami mempunyai metode bahwa guru bukanlah dewa yang harus disembah murid, guru adalah teman sehingga para murid tidak sungkan-sungkan terhadap gurunya," kata Eko.

Saat ini, Sekolah Alam Bandung memiliki 35 tenaga pengajar terdiri dari guru tetap dan guru bantu dalam kegiatan alam seperti outward bound. Sementara itu, para siswanya berjumlah 174 siswa, yang terbagi dalam 19 siswa TK, 142 siswa SD, serta 13 siswa SMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com