Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Olimpiade Sains Nasional VIII Digelar di Jakarta

Kompas.com - 31/07/2009, 13:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kedelapan kalinya, Menteri Pendidikan Nasional akan mengadakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan berlangsung pada 3-9 Agustus 2009.

OSN kali ini akan dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr Bambang Sudibyo, MBA di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (3/8). OSN VIII 2009 rencananya diselenggarakan di beberapa tempat di Jakarta setelah sebelumnya dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Kali ini, pesertanya mencapai 1.447 siswa, terdiri atas 198 siswa SD/MI, 297 siswa SMP/MTs, dan 886 siswa SMA/MA se-Indonesia.

"Ini adalah event yang terakhir untuk tahun ini dan sekaligus juga sebagai gong dari event-event lainnya," ujar Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Prof Dr Suyanto, PhD di Jakarta, Jumat (31/7).

Selain menjaring siswa unggulan di bidangnya untuk menjadi tim nasional dalam kompetisi internasional, OSN juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di bidang sains, melalui budaya belajar, berkarya, pengembangan potensi diri, sikap kompetitif, serta meningkatkan dan memperkokoh rasa persaudaraan, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Menurut Suyanto, event ini sudah menjadi pemacu dan pemicu kompetisi siswa di berbagai daerah. Semangat kompetisi yang tadinya hanya terpusat di Jakarta kini sudah hampir merata di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Suyanto juga menambahkan, secara kualitas siswa di daerah tidak kalah saing dengan siswa di Jakarta. Namun, kurangnya latihan-latihan dan tantangan di daerah membuat semangat juang mereka berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com