Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Muda Peneliti Indonesia Dapat Beasiswa

Kompas.com - 11/08/2009, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beasiswa penelitian senilai Rp 60 juta disediakan bagi perempuan muda peneliti Indonesia lewat program For Women In Science. Program kerjasama UNESCO-L'oreal ini diselenggarakan untuk membangkitkan semangat para perempuan muda peneliti Indonesia dan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan umat manusia.

Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia UNESCO Arief Rachman dalam sosialisasi program For Women In Science di Yogyakarta, Selasa (11/8), meminta supaya program tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh peneliti wanita muda Indonesia. "Agar semakin banyak peneliti wanita muda ikut dalam program ini, sehingga perkembangan life science di Indonesia dapat lebih dikenal di forum internasional, " kata Arief.

Kerja sama antara L'oreal dengan UNESCO ini telah diselenggarakan sejak 1998 dan diperbarui pada 2004. Di tingkat internasional, program ini merupakan suatu hasil kemitraan pemerintah dan swasta unik yang ditujukan untuk mengakui, menyemangati, dan mendukung wanita di bidang sains. "Masalah (topik penelitian) di Indonesia unik dan bisa diterapkan," kata Arief.

Program ini difokuskan pada tiga kegiatan utama yaitu L'oreal-UNESCO Award, UNESCO-L'oreal Fellowship International, dan L'oreal Fellowship Nasional. Pada tingkat nasional, program ini tiap tahun memberikan tiga fellowship masing-masing dua untuk life sciencematerial science.

Adapun persyaratan umum mengikuti program ini adalah batas usia maksimal 37 tahun, minimal berpendidikan S2, dan memiliki proyek penelitian yang orisinil. Batas waktu penerimaan formulir pada 11 September 2009. Keterangan selengkapnya dapat diakses di www.forwomeninscience.com. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com