Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percayakan Industri Kreatif di Tangan Penduduk Muda

Kompas.com - 11/08/2009, 21:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam jangka 10 tahun ke depan, dunia memandang Indonesia sebagai pemain utama industri kreatif. "Tapi syaratnya sejak sekarang, percayakan industri itu kepada penduduk muda," kata pemerhati masalah ekonomi kewirausahaan, Roy Sembel, Selasa (11/8).

Roy yang juga Dekan Sekolah Bisnis Universitas Pelita Harapan menerangkan, penduduk muda berada dalam rentang usia 15 hingga 40 tahun. Kini jumlah mereka mencapai 60 persen dari total penduduk Tanah Air. "Uniknya, sejak usia dini, mereka sudah berkenalan dengan teknologi komputer telepon genggam dan dunia virtual," kata Roy.

Oleh karenanya, bermodalkan itu semua, kesempatan memperluas industri kreatif terbuka lebar. "Ingat, pasar lokal untuk industri ini pun begitu besar," ujar Roy.

Selanjutnya, untuk sampai pada tingkat seperti di atas, menurut Roy, dukungan pemerintah mulai dari kelengkapan infrastruktur IT regulasi berikut pengembangan sumber daya manusia serta pembukaan pasar internasional menempati posisi penting.

Sampai sekarang, pemerintah telah menetapkan 14 bidang industri kreatif meliputi animasi, seni pertunjukan, IT hingga media massa.

Sementara itu, terkait kegiatan UPH, Roy memaparkan mulai Rabu (12/8) sampai Sabtu (15/8) universitas yang letaknya di bilangan Karawaci, Tangerang, ini menyelenggarakan UPH Festival 16. Gelaran bertajuk "True Colors" ini bertujuan memperkenalkan UPH kepada mahasiswa baru dan masyarakat pada umumnya.

Beberapa mata acara dalam festival tersebut, antara lain pertunjukan musik klasik dan modern, seminar mengenai ekonomi, etika profesi, lingkungan serta media massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com