Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kosasih, Siswa SMA 5 Bekasi Lolos Olimpiade Sains Internasional

Kompas.com - 12/08/2009, 13:34 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Ko Matias Adrian Kosasih (13), siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kota Bekasi, Jawa Barat, berhasil lolos seleksi menjadi peserta Olimpiade Sains Internasional setelah menjuarai lomba serupa tingkat nasional.

"Saya menjadi satu-satunya utusan Kota Bekasi menuju olimpiade sains tingkat internasional yang akan berlangsung Oktober mendatang," kata Adrian, di Bekasi, Rabu (12/8).

Pelajar kelas II IPA V itu meduduki peringkat 17 dari 30 juara kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA se-Indonesia 2009 yang berlangsung pada 3 Agustus 2009 lalu. Keberhasilannya menjuarai OSN di Jakarta adalah berkat pengetahuannya tentang astronomi, khususnya tentang bintang Cepheid dan Magnitudo Mutlak.

"Bintang variabel Cepheid adalah jenis bintang yang keluaran cahayanya berubah secara berkala seraya bergantian ukurannya, mengembang, dan menyusut. Parameter Cepheid bisa digunakan sebagai alat untuk mengukur rotasi galaksi Bima Sakti," katanya.

Sementara Magnitudo Mutlak atau Magnitudo Absolute (M), kata dia, ukuran keluaran cahaya sebuah bintang yang sebenarnya. Berkat kepandaiannya tersebut, Adrian berhasil mendapatkan penghargaan berupa medali perunggu bidang astronomi.

Sementara itu, menurut Guru Fisika SMUN 5 Kota Bekasi, Sukrini, Adrian mempunyai minat dan kemampuan berimajinasi yang kuat pada bidang astronomi. Menurutnya, kemampuan anak didiknya ini mulai tampak pada keikutsertaan di OSN tingkat provinsi. Bahkan sejumlah dewan juri menilai kemampuan intelegensia Adrian terbilang cerdas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com