Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalkan Kualitas Kepribadian pada Mahasiswa Baru!

Kompas.com - 13/08/2009, 12:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan pembangunan intelektualitas seorang mahasiswa tidak semata ditentukan oleh nilai-nilai akademis yang diperolehnya di bangku kuliah, melainkan juga kualitas kepribadian yang baik.

"Di luar bidang akademis, mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan kepribadiannya yang jujur, suka bekerjasama, dan saling menghargai serta memperhatikan sesamanya, itulah kualitas kepribadian seorang mahasiswa seharusnya," ujar Andre Ata Ujan, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, di sela acara perkenalan mahasiswa baru fakultas ekonomi di kampus Unika Atma Jaya, Jakarta, Kamis (13/8). 

Untuk itu, lanjut Andre, acara perkenalan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan tidak hanya sekadar dijadikan ajang orientasi akademis, melainkan juga potensi kepribadian diri para mahasiswa. Kegiatan ini dibagi ke dalam dua acara, yaitu Pesona FE dan Outing Activities/Outbound.

Andre menuturkan, jika kegiatan Pesona digelar di dalam kampus sebagai ajang perkenalan kegiatan akademis dan organisasi kemahasiswaan, Outing atau Outbound dilaksanakan di luar kampus dengan berbagai bentuk permainan yang menyenangkan. Di acara inilah berbagai potensi dalam diri para mahasiswa baru dikembangkan.

"Jadi sebelum mereka terjun ke kegiatan belajar yang sesungguhnya, para mahasiswa baru semakin paham tentang perlunya kejujuran, kerjasama, rendah hati, dan sikap saling menghargai antar sesama, karena nantinya mereka harus pribadi yang mandiri untuk menentukan dan mengembangkan intelektualitasnya sampai akhirnya terjun ke masyarakat," ujar Andre.

Kegiatan perkenalan mahasiswa baru FE Unika Atmajaya tersebut akan ditutup dengan kegiatan aksi bakti sosial dan penanaman 200 pohon di kawasan Taman Mini Indonesia Indah pada 14-15 Agustus 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com