Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SKS Itu Penting, SKP Juga!

Kompas.com - 14/08/2009, 16:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan kecerdasan intelektualnya tidak hanya melalui koridor akademis, tetapi juga potensi kepribadiannya lewat kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Andre Ata Ujan di sela acara perkenalan mahasiswa baru fakultas ekonomi di kampus Unika Atma Jaya, Jakarta, Jumat (14/8).

Untuk itu, pihak universitas mewajibkan para mahasiswa tidak hanya memiliki transkrip nilai satuan kredit semester (SKS) tertentu. Para mahasiswa Unika Atma Jaya juga dituntut untuk memiliki satuan kredit partisipasi (SKP).

"Jika SKS didapatkan dari keikutsertaannya di perkuliahan, SKP diperoleh dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik yang diselenggarakan oleh senat, himpunan mahasiswa jurusan, ataupun organisasi kemahasiswaan di dalam kampus,"ujar Andre.

"SKP kami masukkan sebagai salah satu syarat mahasiswa mengikuti sidang skripsi, dan minimal nilai SKP itu harus mencapai angka 15," tambahnya.

Sebagai syarat wajib mengikuti skripsi, kata Andre, tali koordinasi untuk memberikan nilai SKP ada pada universitas dan himpunan atau organisasi. Di tiap kegiatan, himpunan/organisasi akan mengeluarkan sertifikat yang ditandatangani oleh ketua himpunan dan dekan fakultas.

"Sebetulnya SKP hanya semacam tool yang akan mendukung mahasiswa untuk bisa mengidentifikasi potensi diri mereka dan mengembangkannya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com