Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang HUT ke-64 RI, Istana Bersolek

Kompas.com - 16/08/2009, 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan ke-64 Republik Indonesia, yang berlangsung besok, 17 Agustus, Istana Merdeka dan Istana Negara pun kembali bersolek.

Pantauan Kompas.com, Minggu (16/8) sore, di sekitar Jalan Medan Merdeka Utara, tampak sejumlah pekerja tengah merampungkan terpal yang berisi ratusan kursi. Di sinilah sebagian tamu undangan akan menyaksikan rangkaian HUT ke-64 Indonesia.

Di dalam Istana Merdeka, yang menghadap ke Monumen Nasional (Monas), juga tampak tenda-tenda berwarna merah dan putih. Di depan pintu masuk Istana Merdeka, terdapat dua kursi besar yang rencananya akan ditempati oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden M Jusuf Kalla.

Di kanan-kiri kursi besar tersebut, terdapat pula kursi-kursi kecil yang akan diisi oleh para anggota kabinet menteri beserta pejabat tinggi negara lainnya. Sementara itu, di Istana Negara, yang menghadap ke Sungai Ciliwung, tampak kesibukan serupa.

Tampak para pekerja tengah merangkai bunga dan memasukkannya ke dalam belasan pot yang telah disediakan. Tidak jauh dari tempat pekerja tersebut, tampak belasan pelajar tengah tekun berlatih memainkan alat musik gamelan.

Rencananya, mereka akan menunjukkan kebolehan mereka bermain alat musik khas Jawa tersebut. Kain berwarna merah dan putih juga dipasang secara artistik di sepanjang pagar luar Istana Merdeka dan Istana Negara.

Pemandangan serupa terlihat di gedung-gedung sekitar Sekretariat Wakil Presiden, Sekretariat Negara, dan Mahkamah Agung. Aparat keamanan pun tampak disiagakan di sekitar istana.

Terlihat ratusan aparat kepolisian dan TNI tengah berkumpul di seberang Istana Merdeka, tepatnya di dalam kawasan Monas. Terkait keamanan, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Marciano Normal menjamin keselamatan presiden, wakil presiden, pejabat tinggi negara, dan para tamu undangan selama rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI berlangsung di dalam istana.

Selain itu, demi memperkuat pengamanan, Paspampres juga melakukan kerja sama dengan Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com