Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim FKG UI Juara Satu Scientific Research Competition Asia Pasifik

Kompas.com - 23/08/2009, 16:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI) meraih juara pertama pada Scientific Research Competition yang diselenggarakan oleh Pasific Dental Student Association, di Penang, Malaysia. Mahasiswa peneliti dari UI yang terdiri dari Rahmat Hidayat, Shandy Sastra, dan Theodorus, ketiganya mahasiswa angkatan 2005, menyisihkan peneliti Malaysia dan Korea setelah mempresentasikan penelitian berjudul Effect of Xylitol on Candida albicans Growth and Its Resistance in Serum (In Vitro Study).

"Kemenangan ini merupakan suatu prestasi besar bagi bangsa Indonesia, sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa merah putih masih mampu berkibar dengan gagahnya. Kemenangan tim FKG UI ini tidak lepas dari peran serta para pembimbing mereka yakni Ria Puspitawati, Boy M Bachtiar, dan A Leepel," ujar  Devie Rahmawati, Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI, Minggu (23/8).

Ia mengatakan, kompetisi prestisius yang berlangsung dari tanggal 17-21 Agustus 2009 ini diikuti oleh 14 tim dari berbagai fakultas kedokteran gigi di Asia Pasifik seperti Indonesia, Malaysia, Korea, Kamboja, dan perwakilan European Association of Dental Student oleh Yunani. Kompetisi berlangsung setiap tahun dan merupakan sebuah kegiatan yang diprakarsai oleh APDSA, sebuah Asosiasi Mahasiswa Kedokteran Gigi se-Asia Pasifik yang memiliki 11 negara anggota yang terdiri dari 38 universitas. Pada tahun ini, selain Universitas Indonesia, terdapat lima universitas lainnya asal Indonesia yang ikut serta yakni: UGM, UNPAD, UNAIR, Universitas Moestopo, dan Universitas Trisakti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com