Presiden Canangkan Arsip Masuk Desa

Kompas.com - 31/08/2009, 14:10 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan Arsip Masuk Desa (AMD) di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Senin (31/8).

Pencanangan AMD ditandai dengan pemberian laptop secara simbolis kepada lima kepala desa dari 33 desa di 33 provinsi se-Indonesia. Program AMD merupakan sistem informasi pengelolaan arsip pedesaan yang merupakan struktur pemerintahan paling bawah.

Program AMD diharapkan menjadi tonggak tertibnya pengelolaan arsip pemerintahan di tingkat pedesaan, seperti pertanahan, kelahiran, data kependudukan, penerima dana BLT, dan DPT agar persoalan kisruh DPT tidak terulang pada Pemilu 2014.

Selain mencanangkan AMD, Presiden juga meresmikan Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa. Diorama itu mengungkapkan proses dinamika bangsa dari masa ke masa yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni, dan teknologi. Diorama tersebut dibuka untuk umum setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.