Audit Investigasi BPK Akan Buka Tabir Century

Kompas.com - 05/09/2009, 14:41 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengucuran dana penyelamatan Bank Century Rp 6,7 triliun yang dilakukan pemerintah memunculkan polemik. Untuk mengungkapkan tabir di balik penggelontoran dana itu, Komisi Keuangan dan Perbankan DPR meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit investigasi. Menurut anggota komisi, Andi Rahmat, audit investigasi BPK akan membuka motif di balik penyelamatan bank milik Robert Tantular itu.

"Dengan audit investigasi, dokumen yang menjadi rahasia perbankan nantinya akan menjadi dokumen publik sehingga kita akan tahu semuanya dan bisa menginterpretasikannya secara politik atau ekonomi dan menguak polemik kucuran dana ini," kata Andi, Sabtu (5/9) di Jakarta.

Oleh karena itu, BPK diharapkannya bekerja seobyektif dan seindependen mungkin. "Agar jangan ada yang dikorbankan sehingga mereka yang bersalah benar-benar bisa bertanggung jawab. Saya dengar, BPK sudah masuk ke BI dan LPS untuk menelisik berbagai data," ujar politisi PKS ini. 

Koordinator Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW) Danang Widoyoko mengatakan, hasil audit BPK akan mengungkapkan siapa deposan-deposan besar yang diuntungkan dari pengucuran dana tersebut. Danang menduga terdapat nama-nama penting sehingga pemerintah berani mengucurkan dana sebesar itu untuk Bank Century yang dinilai bank tak berpengaruh.

"Kalau sudah ada nama-nama, kita akan tahu siapa yang diuntungkan dan diselamatkan," kata Danang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.