Talangan Bank Century Tidak Adil

Kompas.com - 07/09/2009, 14:17 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasabah Bank Global mempertanyakan nasib dana simpanan mereka di Bank Global yang belum dikembalikan oleh pemerintah melalui Program penjaminan pemerintah. Hal ini dinilai tidak adil dibandingkan dengan kasus Bank Century yang mendapat aliran dana talangan sebesar Rp 6,67 triliun.

"Jika dibandingkan Bank Century semua memang rakyat Indonesia yang bisa men-judgement apakah adil atau tidak. Tetapi menurut kami jelas tidak adil," tutur Ketua Ikatan Nasabah Korban Bank Global Anastasia Lukman, di depan gedung Kementrian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (7/9).

Dia mengaku heran atas aksi penyelamatan Bank Century yang membutuhkan dana Rp 6,76 triliun. Sebab, menurutnya, apa yang terjadi di Bank Century bukan krisis tetapi tindak kejahatan yang dilakukan oleh pemiliknya sendiri. Hal ini berbeda dengan kasus Bank Global yang dibekukan kegiatan usahanya oleh Bank Indonesia pada 13 Desember 2004 menyusul semakin memburuknya rasio kecukupan modal (CAR) bank tersebut sehingga negatif.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ikatan Nasabah Korban Bank Global melakukan unjuk rasa untuk menuntut Menkeu agar mengembalikan dana simpanan nasabah di Bank tersebut. Aksi ini berlangsung damai dan sempat terjadi mediasi antara demonstran dengan pihak Depkeu yang diwakili staf humas, Agus Haryanto.

Namun, mediasi tersebut tidak menemui hasil. Demonstran akhirnya membubarkan diri dan berjanji akan kembali menyambangi Kantor Kementrian Koordinator Perekonomian pada pekan depan, Senin (14/9).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.