Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru PNS, Siap-siaplah Dimutasi!

Kompas.com - 08/09/2009, 19:49 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Malang berencana mengadakan pemetaan ulang kebutuhan tenaga guru agar kualitas tenaga pengajar di tiap sekolah merata. Kebijakan ini berlaku buat semua guru PNS tanpa kecuali.

”Artinya, agar tidak terjadi guru-guru bagus menumpuk di sekolah tertentu dan sebaliknya,” ujar Kepala Bidang Tenaga Fungsional Pendidikan Menengah Dindik Kota Malang Zubaidah, Selasa (8/9).

Zubaidah mengatakan, rencana pemetaan ulang ini merupakan program Depdiknas yang juga berlaku di kota lain. Selain itu, lanjut Zubaidah, kebijakan ini berlaku buat semua guru PNS tanpa kecuali.

”Nanti semua guru akan mengisi semacam quesioner, sehingga terpetakan kualitas SDM-nya. Baru setelah itu kita bandingkan dengan kebutuhan tiap sekolah. Pada akhirnya kualitas guru di semua sekolah bagus semua,” ucap Zubaidah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 21 Hadi Harianto memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang baik. Menurutnya, pemetaan ulang dari Dindik bakal menambal lubang yang selama ini menganga di tiap sekolah.

”Selama ini pemetaan dari propinsi kurang pas, karena mereka tidak tahu kondisi real-nya bagaimana. Kalau pemetaan dari Dindik bagus, mereka punya data akurat kelebihan dan kekurangan guru di tiap sekolah,” timpal Hadi.

Mengenai mereka yang sudah terlanjur nyaman berada di sekolah-sekolah mapan, Ketua MKKS SMP Negeri Kota Malang ini mengatakan, mereka harus legowo bila diminta pindah oleh Dindik.

”Ingat, sebelum menjadi PNS, mereka dulu sudah setuju untuk ditempatkan dimana saja. Mutasi itu resiko seorang PNS,” kata Hadi. (AB)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com