Guru PNS, Siap-siaplah Dimutasi!

Kompas.com - 08/09/2009, 19:49 WIB
Editor

MALANG, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kota Malang berencana mengadakan pemetaan ulang kebutuhan tenaga guru agar kualitas tenaga pengajar di tiap sekolah merata. Kebijakan ini berlaku buat semua guru PNS tanpa kecuali.

”Artinya, agar tidak terjadi guru-guru bagus menumpuk di sekolah tertentu dan sebaliknya,” ujar Kepala Bidang Tenaga Fungsional Pendidikan Menengah Dindik Kota Malang Zubaidah, Selasa (8/9).

Zubaidah mengatakan, rencana pemetaan ulang ini merupakan program Depdiknas yang juga berlaku di kota lain. Selain itu, lanjut Zubaidah, kebijakan ini berlaku buat semua guru PNS tanpa kecuali.

”Nanti semua guru akan mengisi semacam quesioner, sehingga terpetakan kualitas SDM-nya. Baru setelah itu kita bandingkan dengan kebutuhan tiap sekolah. Pada akhirnya kualitas guru di semua sekolah bagus semua,” ucap Zubaidah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 21 Hadi Harianto memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang baik. Menurutnya, pemetaan ulang dari Dindik bakal menambal lubang yang selama ini menganga di tiap sekolah.

”Selama ini pemetaan dari propinsi kurang pas, karena mereka tidak tahu kondisi real-nya bagaimana. Kalau pemetaan dari Dindik bagus, mereka punya data akurat kelebihan dan kekurangan guru di tiap sekolah,” timpal Hadi.

Mengenai mereka yang sudah terlanjur nyaman berada di sekolah-sekolah mapan, Ketua MKKS SMP Negeri Kota Malang ini mengatakan, mereka harus legowo bila diminta pindah oleh Dindik.

”Ingat, sebelum menjadi PNS, mereka dulu sudah setuju untuk ditempatkan dimana saja. Mutasi itu resiko seorang PNS,” kata Hadi. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.