SBY Harus Serius Mencari Menteri Ekonomi dan Hukum

Kompas.com - 09/09/2009, 16:50 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat politik Universitas Indonesia, Bonny Hargens, meminta Presiden Yudhoyono serius menetapkan menteri di bidang ekonomi dan menteri di bidang hukum. Pasalnya, permasalahan yang dihadapi Indonesia berada di dua bidang tersebut.

"Presiden harus serius menetapkan menteri-menteri di bidang ekonomi dan hukum karena permasalahan kita di situ, yaitu ekonomi yang kurang baik dan korupsi," katanya dalam acara Dialog Kenegaraan DPD RI di Gedung DPD RI, Jakarta, Rabu (9/9).

Bonny juga meminta agar Presiden Yudhoyono profesional dalam menentukan menteri di kabinet mendatang. Sebab, hal itu akan memengaruhi kinerja kabinet yang akan berimbas pada terpenuhi tidaknya janji-janji politik Yudhoyono kepada masyarakat.

"Tidak mendengarkan suara-suara dari dapur, anak dan suara-suara lain. Tapi ia (Presiden Yudhoyono) harus menempatkan orang yang benar-benar mampu mengisi kabinet tersebut," katanya.

Mengenai komposisi ideal menteri, Bonny menilai, 60:40 merupakan komposisi yang ideal. Yaitu 60 untuk pos menteri yang berasal dari partai politik dan 40 untuk pos menteri dari kalangan profesional.

Lebih lanjut Bonny mengatakan, pemerintahan yang baru harus memiliki paradigma pengembangan ekonomi yang baik bagi masyarakat tidak mampu. Hal itu perlu dilakukan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kelas bawah.

"Pemerintah baru harus punya suatu paradigma pengembangan ekonomi yang baik bagi masyarakat bawah harus komitmen membangun ekonomi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.