Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Mahasiswa Baru UI Ikuti Pelatihan ESQ

Kompas.com - 12/09/2009, 13:35 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Sebanyak 2.000 mahasiswa Universitas Indonesia mengikuti pelatihan pembangunan karakter yang digelar Sabtu (12/9) hingga Minggu (13/9) di Balairung UI, Depok. Meski tidak seratus persen, pelatihan semacam ini diharapkan bisa menggantikan ospek di perguruan-perguruan tinggi.

"Lebih mendukung ospek karena ospek tentu tetap ada, cuma sekarang tidak lagi berorientasi pada fisik, tetapi benar-benar orientasi pengenalan studi di kampus," ujar Direktur Public Relation ESQ Leadership Center Indonesia M Hasanuddin Thoyib di acara Inhouse Training ESQ-Tingkat Dasar Angkatan I Mahasiswa Baru (Maba) UI di Balairung UI, Depok, Sabtu.

Dengan memberikan pelatihan ini, tambah Thoyib, manfaatnya akan sangat terasa bagi mahasiswa baru karena, kata dia, pelatihan ini difokuskan untuk membangkitkan kesadaran emosional dan spiritual para mahasiswa sehingga akan mendukung kecerdasan intelektual yang sudah lebih dulu dipersiapkan dan akan terus ditumbuhkan oleh pihak universitas.

"Tidak cukup hanya dengan kecerdasan intelektual untuk menjalani semua sendi kehidupannya sebagai mahasiswa atau individu yang akan terjun ke masyarakat, melainkan juga kesadaran emosional dan spiritualitasnya. Dengan kesadaran itulah mereka akan memanfaatkan dan mengamalkan ilmunya," ujar Thoyib.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Muhammad Anis menuturkan, kegiatan pelatihan ESQ bagi mahasiswa baru UI tahun 2009 ini digelar oleh Direktorat Kemahasiswaan UI sebagai bagian dari program pengembangan soft skills mahasiswa UI. Pelatihan ESQ secara "akbar" ini baru kali pertama digelar, setelah tahun-tahun sebelumnya hanya diselenggarakan di tiap fakultas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com