Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Stain Surakarta Tolak Komersialisasi Pendidikan

Kompas.com - 14/09/2009, 14:43 WIB

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Negeri (Stain) Surakarta memprotes ketidakjelasan sistem pembelajaran dan rincian pembiayaan yang ditawarkan kepada mahasiswa karena hal itu lebih mengarah pada komersialisasi pendidikan.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Peduli Kampus (FMPK) itu bahkan melakukan unjuk rasa dan menuntut kebijakan kampus yang dianggap tidak memihak kepentingan mahasiswa tersebut.

Selain itu, Koordinator Aksi FMPK Taqdir Lela di Sukoharjo, Senin (14/9), mengatakan, bentuk kerja sama antara Stain dan PT International Test Centre (ITC) juga dianggap tidak menguntungkan mahasiswa. "Dengan bukti biaya yang begitu besar dan belum tentu banyak mahasiswa baru yang menjadi target dari tes kerja sama STAIN-ITC ini bisa lulus tes tersebut," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, FMPK menuntut pihak rektorat mengubah kebijakan-kebijakan yang dipermasalahkan itu. Para mahasiswa menuntut rektorat membatalkan test of English for International communication yang merupakan kerja sama Stain dengan PT ITC. Menurutnya, kerja sama ini membuat mahasiswa lebih terbebani dan program tersebut dirasa tidak penting untuk semua jurusan.

"Kami juga menuntut Pusat Bahasa Asing (PBA) yang dinilai tidak terkonsep dan bermuatan dengan upaya komersialisasi pendidikan," katanya.

Sementara itu, Rektorat Stain belum bisa dimintai keterangan terkait tuntutan dari ratusan mahasiswa tersebut. Berdasarkan keterangan para pengunjuk rasa, tuntutan tersebut akan dibicarakan melalui dengar pendapat antara pihak rektorat dan perwakilan FMPK yang akan segera dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com