Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Palembang Siapkan Rp500 Juta untuk Perpustakaan

Kompas.com - 14/09/2009, 16:14 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dalam upaya mendorong minat baca generasi muda Kota Palembang, pemerintah kota Palembang berencana membangun perpustakaan di setiap kelurahan masing-masing sebanyak dua unit. Tahun ini, alokasi dana yang akan disiapkan untuk kebutuhan itu sebesar Rp500 juta.

Adapun, rencananya akan direalisasikan sebanyak 70 perpustakaan. Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra mengatakan, pada 2010 mendatang, anggaran untuk perpustakaan tersebut diharapkan mampu ditingkatkan menjadi Rp1 miliar.

Eddy mengatakan, salah satu upaya membangkitkan minat membaca anak-anak di daerah tersebut adalah dengan mendirikan perpustakaan yang menyediakan beragam buku ilmu pengetahuan dan hiburan.

"Perpustakaan berperan penting dalam meningkatkan minat baca sehingga generasi muda akan menjadi cerdas, sehingga mampu bersaing secara global," ujarnya pada peresmian perpustakaan dan sanggar 'Cinta Baca' di Palembang, Senin (14/9).

Menurut dia, pihaknya sangat berterimakasih kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cinta Baca yang telah mendirikan sejumlah perpustakaan di Palembang terutama di pinggiran kota, seperti Gandus dan Kertapati.

Perpustakaan Cinta Baca ini merupakan lokasi kelima program serupa di Sumatra Selatan, yang sebelumnya telah didirikan di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir dan sejumlah tempat di Palembang. Perpustakaan yang berlokasi di kawasan Seberang Ulu I ini menyediakan sebanyak 5.000 buku dan ditargetkan nanti menjadi 10.000 eksemplar buku.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com