Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... UI Siapkan Rp 40 Miliar untuk Beasiswa

Kompas.com - 16/09/2009, 17:04 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Untuk tahun ajaran 2009-2010, Universitas Indonesia (UI) menargetkan peningkatan dana beasiswa senilai Rp 40 miliar. Angka tersebut naik dibandingkan tahun sebelumnya yang senilai Rp 32 miliar.

Demikian diungkapkan oleh Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI Devie Rahmawati di sela-sela acara pemberian bantuan beasiswa PT Sun Life Finansial Indonesia kepada 12 mahasiswa UI di Depok, Rabu (16/9). Beasiswa yang diberikan sebesar Rp 3.750.000 per mahasiswa untuk periode dua semester.

Devie mengatakan, status UI yang telah berubah menjadi badan hukum semenjak tahun 2000 menjadikan kampus itu otonom. Namun, lanjut Devie, otonomi tersebut tidak hanya dalam hal pengembangan akademik, tetapi juga pada pengelolaan keuangan.

"Dari jumlah tersebut, UI sendiri mengeluarkan sebesar Rp 20 miliar. Sisanya kami dapatkan dari pihak luar untuk dikelola sebagai beasiswa," ujar Devie kepada Kompas.com, Rabu.

Devie menambahkan, dari jumlah Rp 40 miliar tersebut, pembagian beasiswa dikategorikan dalam berbagai model. Salah satunya adalah beasiswa uang pangkal dengan besaran Rp 0-Rp 25 juta untuk mahasiswa di jurusan IPA, dan Rp 0 sampai Rp 15 juta untuk jurusan sosial.

Tahun lalu, UI memberikan dukungan biaya pendidikan minimal Rp 100.000 per semester kepada 56 mahasiswa. Dua di antara mahasiswa tersebut berasal dari fakultas kedokteran, baik yang telah lolos ujian masuk mandiri UI, maupun ujian yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional.

"Tidak, UI tidak punya program khusus yang mengharuskan mahasiswa mengikuti ujian mandiri dan membayar lebih tinggi dari mahasiswa lain yang lolos dari ujian yang diselenggarakan oleh pemerintah," kata Devie. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com