HIPMI Dukung Sandiaga dan Lutfi Masuk Kabinet

Kompas.com - 18/09/2009, 15:04 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mendukung bila ada anggotanya menjadi menteri untuk membantu Presiden dalam lima tahun ke depan. Kader HIPMI yang mendapat dukungan luas adalah dua mantan Ketua Umum HIPMI, yakni Sandiaga S Uno dan Muhamad Lutfi. "Kami mendukung keduanya bila diminta Presiden masuk dalam kabinet nantinya," ujar Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa dalam rilisnya ke Persda di Jakarta, Jumat (18/9).

Erwin mengatakan, Sandiaga merupakan sosok yang matang dari organisasi sebesar HIPMI untuk duduk dalam kabinet. Sandiaga telah memimpin HIPMI dan membawa banyak kemajuan bagi organisasi pengusaha muda itu. "Peranan Sandiaga bagi asosiasi tentu sangat besar, itu sebabnya dukungan kepada beliau kami berikan," tambah dia.

Ditambahkan Erwin, Sandiaga tidak saja memiliki kapabilitas secara intelektual. Lebih dari itu, alumnus Goergetown University, Amerika Serikat, itu sudah terbukti kepemimpinannya, baik di organisasi kemasyarakatan maupun dunia usaha, di saat usianya yang masih terbilang muda.

HIPMI akan mendukung Sandiaga di pos menteri mana pun yang dipercayakan Presiden. "Terserah mana saja, apalagi kalau Sandiaga dipercaya mengurus usaha kecil menengah (UKM), yang terkait langsung dengan perekonomian rakyat, kita dukung," tambah Erwin.

Hal yang sama dukungan itu diberikan kepada M Lutfi. M Lutfi dinilai telah mampu melakukan serangkaian perubahan bagi ilklim investasi di Indonesia selama menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). "Saya kira banyak terobosan-terobosan yang dilakukan beliau untuk membuat Indonesia lebih kondusif bagi investor luar. Misalnya untuk urusan perizinan jauh lebih cepat dari biasanya," tambah dia.

M Lutfi berhasil membangun Mahaka Group pada 1993 bersama rekan-rekannya. Lulusan Pepperdine University, California, ini pernah menjabat sebagai Ketua BPD Hipmi Jaya 98-01 dan dipilih sebagai tokoh Young Global Leaders 2008. Pada 2004, Presiden Susilo Bambang Yudoyono mengangkatnya sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sementara Sandiaga menyandang gelar MBA dari The George Washington University dan The Wichita State University, Kansas, Amerika Serikat. Pasca lulus kuliah pada 1990, Sandiaga merintis kariernya di berbagai perusahaan dalam dan luar negeri sebelum mendirikan kerajaan bisnisnya sendiri, termasuk PT Recapital Advisors dan PT Saratoga Investama Sedaya. Sandiaga S Uno adalah citra kesuksesan baik karier maupun dalam membangun keluarga. Saat ini, Sandiaga menjabat Ketua Kadin Bidang UMKM dan Ketua Dewan Penasihat HIPMI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.