Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idul Fitri, Transportasi di Belanda Gratis

Kompas.com - 20/09/2009, 18:54 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan angkutan umum di Belanda seperti bus dan trem tidak mengenakan  biaya alias gratis tepat ketika seluruh umat muslim melaksanakan Idul Fitri 1 Syawal 1430 Hijriyah.
   
"Kita kali ini beruntung dan umat muslim yang shalat Idul Fitri hari ini mendapatkan rezeki dari pelayanan transportasi gratis ini," ujar Putri, warga Indonesia yang tinggal di Den Haag, usai melaksanakan shalat Id di Masjid Al Hikmah, Den Haag, Belanda.
     
Pemberlakuan layanan transportasi ini, katanya, tidak hanya berlaku di Belanda, tetapi juga di Belgia dan biasanya, tiap tahun berlaku secara acak. "Lebaran kali ini, membawa rezeki, dan kita bebas bersilaturrahmi ke mana-mana hari ini, tanpa mengeluarkan biaya transportasi," kata Putri sambil tersenyum.
    
Masjid Al Hikmah atau biasa disebut masjid Indonesia, dipadati ribuan jamaah, baik warga Indonesia, Turki, Maroko maupun Somalia. Bahkan pelaksanaan shalat Id di masjid tersebut,  dibagi dalam dua gelombang karena tidak mampu menampung jamaah lainnya. Shalat Id pada gelombang pertama dan kedua dipimpin  oleh Ustaz Ali dan Sulchaan.
     
Setelah pelaksanaan shalat gelombang pertama dan kedua usai, selanjutnya Ustaz Ali menyampaikan khotbah. "Masih banyak saudara-saudari kita di luar sana yang kekurangan, mereka malah kadang tidak bisa makan sehari-hari bahkan tidak menentu, sementara kita, selama Ramadhan ini, hanya diuji untuk tidak makan dan minum selama sehari. Begitulah penderitaan yang mereka alami. Setidaknya, Ramadhan ini, menjadi tarbiyah buat kita semua," kata Ali.

Seusai shalat Idul Fitri, para jamaah saling bersalaman, bermaafan-maafan. Tidak sedikit di antara mereka yang meneteskan air mata karena teringat keluarga di kampung halaman, Indonesia. Selepas Id, Kedutaan Besar RI menggelar "open house" di Wisma Duta buat semua golongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com