Mau ke Jepang? Yuk, "NAT" Tes Dulu!

Kompas.com - 25/09/2009, 10:14 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tes kecakapan berbahasa Jepang atau NAT (Nihonggo Achievement Test) untuk pertama kalinya dilakukan di Jakarta pada 25 Oktober 2009. Tes ini juga digelar serentak di berbagai negara.

Berkantor pusat di Tokyo, Jepang, penyelenggaraan tes NAT ini sudah dimulai sejak 1988 lalu di Jepang dan juga di berbagai negara. Sejak pertengahan tahun 2008 lalu, NAT bahkan telah diakui secara resmi oleh pemerintah Jepang, khususnya oleh kementerian dalam negeri dan pihak imigrasi negara tersebut.

Dengan pengakuan resmi itu, kepemilikan sertifikatnya bisa membantu kredibilitas orang asing yang ingin memasuki Jepang, terutama di mata pihak imigrasi. Terdiri atas empat level, sertifikat tes ini diawali dengan level 1 sebagai level tertinggi hingga level keempat sebagai level terendah.

"Setahu saya target dari tes ini adalah agar si pemilik sertifikat bisa mendapatkan pengakuan dan bukti kuat bahwa dirinya memang mampu berbahasa Jepang dengan baik," ujar Sisiliawati Marsiana, mahasiswi sebuah program diploma Bahasa Jepang di Jakarta, Jumat, (25/9). 

"Minimal level satu, karena saya sendiri membutuhkannya untuk nanti kuliah sambil kerja di Jepang, rencananya tahun depan," ujar Kiki.

Untuk mengetahui lebih jauh, NAT tes bisa dilihat di nat-test.net/ sekaligus untuk melakukan pendaftaran secara online di situs tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.