Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu...Anggaran Pendidikan Gratis Belum Juga Dilaporkan!

Kompas.com - 29/09/2009, 19:42 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebanyak 23 pemerintah kabupaten/kota belum memasukkan laporan penggunaan anggaran pendidikan gratis ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan.

Kepala Biro Keuangan Sulsel Yusar Huduri di Makassar, Selasa (29/9), mengatakan, sesuai ketentuan Pemprov laporan tersebut seharusnya sudah dimasukkan pada tiap triwulan. Yusar melanjutkan, pada triwulan I tidak semua kabupaten/kota memasukkan laporannya. Pada triwulan II dan III pun tak satu laporan yang masuk.

Terkait itu, Pemprov belum melakukan tindakan apapun. Hanya saja, Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel akan segera turun ke daerah-daerah untuk melakukan pemeriksaan.

Yusar menjelaskan, sesuai aturan, Pemprov menanggung biaya 40 persen, sedangkan pemerintah kabupaten/kota sebesar 60 persen. Tahun lalu, anggaran pendidikan gratis mencapai Rp 193 miliar. Namun hingga triwulan ketiga ini, pemerintah kabupaten/kota belum juga memasukkan laporan penggunaan anggarannya.

"Harusnya ada, seperti bunyi Pergub dan Perda-nya, agar semua terkoordinasi dengan baik," katanya.

Yusar juga mengatakan, anggaran pendidikan gratis tahun 2010 tak akan berubah dari tahun 2009. "Mungkin tak ada tambahan, anggaran masih tetap pada Rp 193 miliar," ujarnya.

Sedangkan program kesehatan gratis, tambah Yusar, pada 2010 dipastikan pula tak ada penambahan anggaran dan hanya didasarkan pada anggaran 2009 yang senilai Rp 60 miliar.

"Saya kira anggaran itu sudah cukup untuk membantu jalannya program ini," kata Yusar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com