Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kukuhkan Tiga Guru Besar Teknik

Kompas.com - 07/10/2009, 19:48 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Bertempat di balai sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (7/10), UI mengukuhkan tiga guru besar fakultas teknik. Upacara seremonial tiga guru besar tersebut dipimpin langsung  oleh Rektor UI Prof Dr Gumilar Rusliwa Sumantri. Acara ini dihadiri oleh mantan presiden BJ Habibie.

Ketiga guru besar yang dikukuhkan itu adalah, Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM.,M.Scc, sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu teknik computer/information network engineering; Prof Ir Yulianto Sulistyo Nugroho M.Sc.,Ph.D sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu teknik keselamatan kebakaran; dan Prof Dr Ir Anondho Wijanarko M.Eng sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu teknik kimia.

Saat menyampaikan pidato pengukuhan, Riri Safitri membawakan "Rekayasa Protokol Jaringan Informasi dan Kematangan Sistem Informasi dalam Era Jaringan Sosial". Riri safitri menjelaskan mengenai faktor penentu kunci dari jaringan informasi berbasis sosial, terkait dengan permasalahan yang terjadi di dunia Information Communication dan Technology (ICT).

Pada kesempatan kedua Yulianto Sulistyo menyampaikan pidatonya yang berjudul “Membangun Kepedulian, Disiplin dan Keunggulan dalam Bidang Teknik Keselamatan Kebakaran". Hal ini terkait dengan pesatnya pertumbuhan gedung bertingkat tinggi terutama dikota-kota besar yang sarat dengan tantangan besar seperti rawan kebakaran. Oleh karenanya dalam pemaparannya Yulistyo menjelaskan bagaimana untuk menciptakan rasa aman dan keselematan bagi pengguna bangunan.

Sementara itu di penghujung acara, Anondho Wijanarko menyampaikan pidato pengukuhan berjudul “Produksi Bahan Baku Suplemen Pangan dan Bahan Bakar Alternatif Melalui Kemampuan Biofiksasi CO2 Mikro Alga”. Hal ini terkait dengan upaya memaksimalisasi pemanfaatan suber daya alam hayati yang bernilai ekonomis.

Saat ini UI sudah memiliki staf pengajar guru besar berjumlah 267 orang, diantaranya 197 pria dan 70 wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com