Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Depdiknas Perluas Layanannya

Kompas.com - 09/10/2009, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk memperluas layanan bagi masyarakat, perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) kini dilengkapi dengan 10 unit komputer untuk mengakses jurnal elektronik, ruang baca khusus anak, home theater, ruang kelas, serta ruang baca.

Koleksi perpustakaan ini mencakup buku-buku pendidikan anak usia dini (PAUD), tingkat dasar hingga menengah, serta pendidikan tinggi. Ada juga jurnal elektronik yang disediakan seperti ProQuest, EBSCO, dan Cengage.

Jurnal ProQuest memuat bidang agama, ilmu sosial, pertanian, sain, juga seni. Sementara itu, jurnal EBSCO memuat bidang teknik, bisnis, dan kedokteran, sedangkan jurnal Cengage memuat bidang sain, pendidikan, serta ilmu sosial. Pengunjung dapat mengakses berbagai tulisan yang tersedia di ketiga jurnal tersebut secara gratis.

Perpustakaan yang terletak di Gedung A Depdiknas Jalan Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta, ini juga menyediakan ruang baca khusus bagi pengunjung yang membawa makanan dan minuman. Fasilitas lainnya adalah komputer bagi tunanetra dan televisi kabel.

Sekretaris Jenderal Depdiknas Dodi Nandika, di Jakarta, Jumat (9/10), mengatakan, saat ini koleksi buku di Perpustakaan Depdiknas telah mencapai 20.000 eksemplar dan koleksi audio video di atas 6.000 judul. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, perpustakaan sudah diperluas dari satu lantai menjadi dua lantai dengan luas semula 600 m2 menjadi 1.400 m2.

"Mudah-mudahan ini menjadi tonggak sejarah untuk peningkatan pelayanan perpustakaan," ujar Dodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com