Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan SMA Kecewa, Mau Kuliah Mahal, Masuk CPNS Juga Ditiadakan!

Kompas.com - 12/10/2009, 09:59 WIB

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Sebagian warga Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, mengaku kecewa dengan ditiadakannya formasi calon pegawai negeri sipil 2009 (CPNS) untuk tamatan sekolah menengah atas.

”Saya kecewa, formasi CPNS tamatan SLTA ditiadakan karena saya tamatan SLTA,” kata Hendra Putra, warga Kota Pangkal Pinang, Minggu (11/10).

Hendra mengemukakan hal itu sehubungan dibukanya penerimaan CPNS 2009 dan akan dilaksanakannya jadwal tes pada November 2009, tetapi formasi CPNS tamatan SLTA ditiadakan, kecuali atlet dan pelatih berprestasi. ”Kami meminta pemerintah bisa memperjuangkan lagi tamatan SLTA karena kami mendapat informasi bahwa pemerintah masih banyak membutuhkan PNS tamatan SLTA,” katanya.

Kekecewaan serupa juga dilontarkan Desy Depilawati, warga lainnya, yang mengaku harus mengurungkan niatnya untuk melamar menjadi PNS tahun 2009 karena hanya mengantongi ijazah SLTA. ”Saya baca di koran, ketentuan dalam surat edaran Menpan (Menneg PAN) hanya klasifikasi pendidikan minimal Diploma 2 (D-2), sementara formasi untuk pendidikan tamatan sekolah menegah umum tidak ada. Saya kecewa,” ujarnya.

Sementara itu, Adrian, warga lainnya, mengaku kecewa dengan keputusan pemerintah yang tidak menerima formasi CPNS untuk tamatan SLTA. Dia juga mengaku kecewa dengan sistem dunia pendidikan yang dinilai masih karut-marut, terutama untuk masuk perguruan tinggi yang harus mengeluarkan biaya tinggi.

”Di samping biaya masuk perguruan tinggi, untuk bisa diterima juga sangat susah sehingga masyarakat yang kurang mampu tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com