Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Gelar Konferensi Keperawatan Internasional

Kompas.com - 20/10/2009, 19:56 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Untuk ketiga kalinya, Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) akan menggelar Konferensi Keperawatan Internasional yang akan berlangsung 21-22 Oktober 2009 di Jakarta.

Menurut Kepala Humas dan Protokol UI Vishnu Juwono, di Depok, Selasa (20/10), konferensi bertema "Internationalization of Nursing Education: Challenging Future for Nursing Services" ini akan dibuka oleh Dirjen Dikti Fasli Jalal dan Rektor UI Prof. Dr. Gumilar R. Somantri.

Adapun para pakar keperawatan yang akan berpartisipasi dalam konferensi internasional ini antara lain Prof. Awatif A Osman (Dean of Faculty of Nursing, Sudan-The mother of nursing profession in Sudan), Prof. Dyane Brown (Quensland University), Rita Sekarsari SKp., MHSM (Indonesian Experts on Nursing Education and Nursing Services), serta pembicara dari PERSI (Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) dan ahli pendidikan keperawatan dari Belanda.

"FIK ingin memfokuskan pada internasionalisasi pendidikan keperawatan yang membahas berbagai strategi efektif untuk mengembangkan internasionalisasi pendidikan dan konsekuensi-konsekuensi potensial dalam institusi-institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan yang berstandar internasional," ujar Vishnu.

Selain itu, lanjut dia, konferensi ini juga akan membahas mengenai integrasi pendidikan keperawatan dengan dimensi internasional, baik dari sisi pendidikan maupun pelayanannya yang akan menghadapi berbagai tantangan berbeda-beda.

Untuk itu, diharapkan pada konferensi ini para pendidik ilmu keperawatan dapat mengembangkan standar kurikulum keperawatan sesuai standar internasional, termasuk para perawat klinis yang diharapkan bisa menciptakan lingkungan klinis berstandar internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com