Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Pendidikan Belanda Akan Digelar di 4 Kota

Kompas.com - 21/10/2009, 09:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Pendidikan Belanda atau Holland Education Fair 2009 akan digelar di empat kota, yaitu di Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan Makassar, sebagai bagian dari kampanye go international dari pendidikan tinggi Belanda.

"Data NESO (Netherlands Education Support Office) Indonesia menyebutkan, terjadi peningkatan sebesar 7,5 persen hingga mencapai angka 76.000 mahasiswa internasional di Belanda untuk tahun 2008-2009," kata Ariono Hadipuro dari bagian Promosi Edukasi NESO Indonesia di Jakarta, Rabu (21/10).

Menurut NESO, ciri khas utama dari pendidikan tinggi di Belanda adalah keberagaman suku bangsa para mahasiswa, program studi/riset, dan keterbukaan terhadap pelajar dan pengajar asing yang masuk ke Belanda serta ilmu pengetahuan dari dunia internasional.

Sebagian besar mahasiswa asing di Belanda masih berasal dari benua Eropa. Namun, benua Asia memberikan sumbangan yang cukup signifikan dalam jumlah mahasiswa asing di Belanda, yakni hampir mencapai sebanyak 20 persen.

Untuk itu, mengikuti tahun-tahun sebelumnya, NESO Indonesia akan menggelar Holland Education Fair 2009 di Yogyakarta pada 10 November 2009, Bandung (12/11), Jakarta (14-15/11), dan Makassar (17/11).

Tempat penyelenggaraan pameran tersebut adalah di Hotel Novotel di Yogyakarta, Hotel Hilton di Bandung, Hotel Mulia di Jakarta, dan Hotel Clarion di Makassar.

Sebanyak 23 perguruan tinggi dari Belanda akan mengikuti dan mengirimkan perwakilannya ke Holland Education Fair 2009 tersebut.
Menurut Direktur NESO Indonesia, Marrik Bellen, seluruh universitas yang hadir telah menandatangani kode etik pendidikan tinggi Belanda sehingga diperbolehkan merekrut mahasiswa internasional .

Sebagian besar dari program studi yang ditawarkan berbagai universitas tersebut merupakan program studi berbahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com