Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinar Mas Jalin Kerja Sama dengan Universitas Diponegoro

Kompas.com - 23/10/2009, 21:50 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com -  Untuk menuju bangsa Indonesia yang sejahtera, kualitas   sumber daya manusia adalah faktor kunci yang senantiasa harus diperkuat, menggunakan berbagai pendekatan dan dilakukan bersama-sama, secara berkesinambungan.

Seluruh pemangku kepentingan saling bersinergi melalui sejumlah terobosan di bidang pendidikan, baik dengan menginisiasi penyediaan akses intranet guna mendukung aktivitas pendidikan formal dan nonformal, pengenalan kepada lapangan dan peluang kerja terkini, serta berbagi kepedulian melalui bazaar minyak goreng murah.

"Sinar Mas menilai kemampuan masyarakat dalam memberdayakan diri mereka melalui sektor pendidikan adalah sesuatu yang harus dibangun dan diperkuat secara berkesinambungan. Hasilnya adalah sinergi yang tidak saja melibatkan pemerintah, namun juga lingkungan pendidikan tinggi serta potensi masyarakat lainnya termasuk pula media," kata Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto, Jumat (23/10) malam.

Salah satu langkah yang diambil Sinar Mas adalah menyediakan dukungan akses intranet, perangkat laptop berikut program pelatihan bagi Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah yang memanfaatkan jaringan Smart Telecom.

Langkah ini merupakan kali kesekian, setelah sebelumnya, Sinar Mas memberikan dukungan serupa bagi Rumah Pintar Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur serta mengoperasikan Rumah Pintar Tjiwi Kimia di Mojokerto, Jawa Timur pada tahun lalu, serta Rumah Pintar Benderang yang pada tanggal 29 Juni tahun lalu diresmikan oleh Ibu Negara beserta Presiden RI didampingi para menteri Kabinet Indonesia Bersatu serta jajaran Pemprov Jambi di Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Tidak hanya itu, dukungan juga dilakukan melalui penyediaan akses berikut pembukaan cakarawala yang memadai bagi para calon tenaga kerja terdidik yang berasal di lingkungan kampus seputar peluang kerja. Kali ini melibatkan JobStreet.Com, situs jasa penyedia lapangan kerja.

“Kami berusaha setiap langkah kepedulian yang kami lakukan melalui aktivitas corporate social responsibility berjalan secara menyeluruh, sinergis dan berkesinambungan. Tentu  saja harus mampu menjangkau khalayak yang tepat, membangun inisiatif, kemandirian berikut mengispirasi lingkungan sekitarnya, seperti yang kami harapkan pada rangkaian kegiatan hari ini dimana sumber daya manusia menjadi fokus utamanya,” ujar G. Sulistiyanto yang juga alumnus Undip.

Itu sebabnya, kegiatan hari Sabtu (24/10) yang bakal dihadiri Rektor Undip, Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo, MS,  Med, Sp And ini juga melibatkan jurnalis dan founder Kick Andy Foundation, Andy F. Noya, yang selama ini konsisten mengangkat kisah dan sosok yang mampu memperkuat rasa sosial masyarakat.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan bazaar minyak goreng murah di Lapangan Serbaguna Kampus Undip, Tembalang,  yang menyediakan tidak kurang dari 5.000 liter minyak goreng kemasan merek Kunci Mas bagi warga sekitar dengan harga Rp 8.000 per liter. Sepanjang tahun ini, Sinar Mas telah mendistribusikan lebih dari 581 ribu liter minyak goreng.

Sementara sebelumnya, sejak dari tahun 2005 hingga 2008, Sinar Mas telah menyalurkan kitar 26,5 juta liter minyak goreng bagi warga masyarakat kurang mampu, baik melalui kegiatan bazar serta operasi pasar di berbagai kota sebagai bagian dari kegiatan CSR sekaligus dukungan atas program stabilisasi harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com