Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional Dideklarasikan

Kompas.com - 24/10/2009, 11:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional mendeklarasikan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) di Gedung Ditjen Dikti, Sabtu (24/10). Hal ini sebagai tindak lanjut kesepakatan Ditjen Dikti dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) pada Simposium Internasional PPI Dunia yang diselenggarakan di Denhaag, Belanda, 3-5 Juli lalu.

Dalam sambutannya, Ketua I-4 Nasir Tamara mengatakan, I-4 hadir dengan harapan mampu mempererat kerja sama ilmuwan Indonesia yang tersebar di seluruh dunia dan pelopor kerja sama antara pemerintah, swasta, akademisi, dan mahasiswa.

"Mereka sudah melihat potensi ilmuwan-ilmuwan Indonesia mampu membawa kemajuan bagi bangsa kita," tuturnya.

Nasir mengatakan, ada delapan program yang akan menjadi fokus I-4, antara lain, membantu para doktor dalam menghasilkan tulisan-tulisan ilmiah bertaraf internasional, meningkatkan kualitas penggunaan bahasa Inggris di Indonesia sehingga jurnal mereka bisa diterima internasional, membuka akses ilmuwan Indonesia di luar negeri agar bisa berkarya di dalam negeri, memperbarui data ilmuwan di seluruh dunia, menghimpun dana untuk konferensi internasional, meningkatkan kesejahteraan dosen dan tenaga pengajar, serta membuka kesempatan luas kepada para mahasiswa dan ilmuwan untuk mengambil program master dan doktor.

Sejumlah nama ilmuwan terkemuka asal Indonesia tergabung dalam I-4, antara lain Nelson Tansu, Etin Anwar, Ken Soetanto, Yohanes Surya, dan Anies Baswedan. Deklarasi ini akan ditindaklanjuti dengan kunjungan sosialisasi ke sejumlah provinsi, seperti Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta, dan Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com