Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka, Beasiswa HSP 7 Juta Euro ke Belanda

Kompas.com - 30/10/2009, 12:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anda sedang menempuh pendidikan di tahun terakhir program S1 atau S2, dan bercita-cita melanjutkan studi ke Belanda? Beasiswa Huygens Scholarship Programme (HSP) mungkin bisa membantu!

HSP merupakan program beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia. Program ini memang disiapkan untuk menjaring siswa berprestasi dan berbakat, yang sedang menempuh pendidikan di tahun terakhir program S1 atau S2, dan ingin melanjutkan studinya ke Belanda.

Untuk kebutuhan tersebut, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Sains Belanda pun telah mengalokasikan dana sebesar 7 juta euro bagi mahasiswa yang mengikuti program beasiswa ini.

Syarat dan Waktu Pendaftaran

pengalaman bekerja terlebih dahulu tidak menjadi syarat sehingga peserta fresh graduate pun diperbolehkan mendaftar. Sebagai sebuah program beasiswa penuh, HSP mencakup biaya kuliah dan biaya hidup selama menjalankan studi di Belanda.

Pertama, pelamar harus bisa membuktikan lebih dulu kalau dirinya benar-benar mahasiswa yang berprestasi. Syaratnya, si pelamar masuk dalam jajaran 10 persen yang terbaik di program studi-nya di S1. Selain itu, penilaian juga berdasarkan IPK terakhir.

Analoginya, kalau yang lulus dalam tahun yang bersangkutan mencapai 30 orang ambil contoh dari program studi Sosiologi di Universitas Indonesiasi pelamar harus masuk dalam jajaran 3 lulusan terbaik.

Syarat penting berikutnya adalah surat persetujuan dari universitas bersangkutan, yaitu calon pelamar harus sudah mendapatkan surat penerimaan atau letter of acceptance (LOA) dari universitas di Belanda. Artinya, calon pelamar harus menyelesaikan proses pendaftaran ke universitas yang dituju terlebih dahulu, barulah kemudian mendapatkan LOA sebagai salah satu dokumen yang dipersyaratkan untuk mendaftar beasiswa HSP.

Pendaftaran beasiswa HSP untuk tahun ajaran 2010-2011 ini akan dimulai 1 November 2009. Aplikasi yang sudah lengkap, baik dalam bentuk digital maupun tertulis, termasuk LOA, harus sudah diterima oleh Nuffic di Den Haag paling lambat pada 1 Februari 2010.

Tertarik? Informasi selengkapnya bisa dilihat di nuffic.nl/hsp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com