Mendiknas: Tingkatkan Kualitas Guru dan Lulusan PT!

Kompas.com - 02/11/2009, 10:57 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta Rembuk Nasional (Nasional Summit) 2009 mengharapkan Depdiknas meningkatkan kualitas guru dan memperhatikan daya saing peserta didik perguruan tinggi.

"Untuk meningkatkan kualitas yang paling pokok adalah kualitas guru dan distribusinya," kata Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh seusai Rapat Koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Senin (2/11).

Menurut Mendiknas, peningkatan kualitas guru sudah sesuai dengan amanat UU, yakni guru minimal S1. Untuk itulah diperlukan sertifikasi guru. Namun, hal tersebut hanya awal kariernya sebagai guru yang profesional.

Harapan peserta rembuk nasional yang kedua adalah meningkatnya daya saing peserta didik perguruan tinggi dengan memasukkan bahan kuliah kewirausahaan. Tujuannya, agar lulusan PT tidak menjadi beban.

"Kita ingin (mereka) menjadi solusi, maka di perguruan tinggi diberi kemampuan untuk wirausaha, sehingga bisa memotong arus pengangguran dan arus kemiskinan," ujar Nuh.

Poin masukan dalam rembuk nasional, ditambah dengan arahan presiden dan program menteri sebelumnya, akan diolah menjadi program 100 hari. Rencananya, pada 5 November 2009 akan diumumkan oleh presiden.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.