Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik... Siswa Berkebutuhan Khusus Peroleh 30 Komputer!

Kompas.com - 02/11/2009, 19:31 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan komputer IBM memberikan bantuan 30 unit komputer kepada 9 SLB dan 6 SD inklusi di DI Yogyakarta untuk membantu proses belajar mengajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Komputer yang diisi dengan IBM KidSmart Easy Learning Program tersebut, akan memperkenalkan cara-cara baru bagi anak-anak usia TK hingga kelas V SD untuk mengenal teknologi dan ilmu pengetahuan. Sedangkan bagi para guru, program tersebut membantu meningkatkan kecakapan teknisnya. Sebelumnya, para guru sekolah penerima bantuan tersebut sudah mendapatkan pelatihan.

Hartini Harris, Country Manager Marketing IBM Indonesia mengutarakan, teknologi dapat memfasilitasi komunikasi dan pemberdayaan anak-anak berkebutuhan khusus. Teknologi akan semakin membuka akses bagi mereka agar lebih mandiri.

"Setiap tiga bulan kami akan meminta laporan dari pihak sekolah tentang perkembangan anak didiknya. Kami ingin mendapat masukan dari guru, murid, dan apa saja kendalanya," ujar Hartini di sela penyerahan simbolis bantuan tersebut di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Senin (2/11).

Nurhasanah, guru SLB Pembina Yogyakarta, --salah satu sekolah penerima bantuan komputer IBM, mengatakan, bahwa program IBM yang berisi permainan edukatif itu bisa merangsang saraf motorik siswanya. Kepekaan terhadap suara, gambar, dan gerakan anak didiknya akan semakin terlatih.

Beberapa permainan dalam program itu seperti pengenalan suara, bebek-bebekan yang bisa bersuara, serta memasukkan hewan piaraan ke rumah. Walaupun sederhana, menurut Nurhasanah, bagi siswa SLB, semua itu adalah hal yang baru. Lewat gambar yang bergerak dan ditunjang suara, siswa akan lebih mudah belajar.

Selain untuk 15 sekolah, IBM juga memberikan kiosk bagi Taman Pintar. Kiosk tersebut berisi program Virtual Forbidden City, Reading Companion, dan Power Up. Virtual Forbidden adalah program multimedia yang memberi gambaran tentang kebudayaan Cina, dan Reading Companion adalah program untuk pengajaran bahasa Inggris bagi anak-anak dan orang dewasa. Sedangkan Power Up merupakan pembelajaran tentang sains.

"Kami sudah mengusulkan agar IBM memasukkan kebudayaan Bali, karena Bali sudah terkenal di dunia internasional. Mungkin dalam program IBM berikutnya, kebudayaan Bali bisa masuk dalam program," ujar Hartini, sambil menambahkan bahwa sejak 2005 IBM sudah memberi bantuan komputer berisi IBM KidSmart Easy Learning Program ke 325 sekolah di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com