Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit dan Chandra "Bebas", Mahasiswa Tetap Mogok Makan

Kompas.com - 03/11/2009, 22:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gembira menyambut penangguhan penahanan Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah. Seusai rapat koordinasi untuk persiapan mengikuti rapat dengar pendapat dengan DPR hari ini, sekitar pukul 21.40 WIB, tiga pimpinan KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, Haryono, dan Mas Achmad Santosa, langsung menyambangi kumpulan mahasiswa yang sedang melakukan aksi mogok makan di pelataran KPK.

Selain mengabarkan berita gembira itu, Tumpak mengajak para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas mahasiswa Jakarta mengakhiri aksi mogok makan itu. "Berkat dukungan semua dan aksi spontan rekan-rekan, rekan kami Chandra dan Bibit sudah ditangguhkan penahanannya," kata Tumpak disambut tepuk tangan para pendemo.

Para pimpinan KPK datang didampingi sejumlah staf KPK yang masing-masing membawa sejumlah botol air mineral dan nasi kotak. Maksudnya, makanan dan minuman itu untuk diberikan kepada 14 orang mahasiswa yang melakukan mogok makan.

"Harapan kami, mari lanjutkan perjuangan ini, tapi jangan lakukan dengan aksi mogok makan seperti sekarang ini," lanjut Tumpak. Namun, niat baik Tumpak cs itu tidak mendapat respons baik. Kalangan mahasiswa menolak mengakhiri aksinya.

"Perjuangan ini bukan sekadar untuk Bibit dan Chandra. Tapi untuk pemberantasan korupsi yang lebih besar," seru salah satu pendemo.

Rencananya, aksi itu akan terus dilakukan sampai ada kepastian dari KPK bahwa mereka akan meneruskan pengusutan kasus yang lebih besar, kasus Bank Century. (Persdanetwork/NDA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com