Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karya Mahasiswa Arsitektur UPH Dipamerkan di Grand Indonesia

Kompas.com - 06/11/2009, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sekitar 70 maket studi dan lebih dari 50 gambar desain mahasiswa jurusan arsitektur Universitas Pelita Harapan, Lippo Village, Tangerang, dipamerkan di East Mall lantai II Grand Indonesia. ”Untuk pertama kalinya UPH menggelar Architecture Student’s Exhibition yang ditujukan untuk public dan diadakan di luar kampus, ” kata Susinety Prakoso, Ketua Jurusan Arsitektur UPH.

Bidang arsitektur di Indonesia kini semakin berkembang. Arsitektur mulai masuk ke dalam wacana keseharian masyarakat Jakarta dan khususnya Indonesia. Banyak masyarakat yang mulai tidak melihat arsitektur sebagai sebuah bangunan semata tapi sebagai sesuatu yang mempunyai makna sosial, budaya dan politik. Pemahaman ini erat dengan sejauh mana arsitektur dapat diapresiasi oleh khalayak yang lebih luas dan oleh karena itu institusi pendidikan arsitektur mempunyai peran yang  penting.

”Institusi pendidikan arsitektur harus peka dan mampu merumuskan sebuah arah pendidikan arsitektur yang tepat pada konteks dan tidak sekedar mengikuti apa yang menjadi tren,” tambah Susi.

Pernyataan tersebut dipertegas oleh Ketua Ikatan Arsitek Indonesia, Jakarta, Ahmad Djuara ”Saya berharap para lulusan dari jurusan arsitektur dapat menjadi profesional di bidangnya.”  Ia juga menambahkan bahwa pendidikan Arsitektur di UPH berbeda dengan apa yang dilakukan kampus-kampus lain. ”Kombinasi pengajarnya antara akademisi dan profesional cukup bagus, ini terlihat dari karya mahasiswa yang dipamerkan lebih ekspresif,” imbuhnya.

Glenn Hartanto, pengajar pada jurusan Arsitektur UPH, sekaligus kurator pameran, berharap pameran ini akan menarik dan bermanfaat bagi banyak pengunjung.  ”Rasakan cerita yang tersirat dalam rangkaian karya-karya yang dipamerkan serta bentuk-bentuk yang diekspose,” katanya.

"Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan panitia Jakarta Architecture Triennale 2009 yang juga dibuka hari Rabu (4/11).  Selama 18 hari acara ini terbuka bagi umum," kata Public Relations Section Head UPH, Rosse Hutapea.

 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com