Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Sertifikasi Guru Perlu Diperbaiki!

Kompas.com - 10/11/2009, 15:58 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Program sertifikasi guru di Indonesia perlu diperbaiki. Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Prof. Sunaryo Kartadinata, Selasa (10/11).

Sunaryo mengatakan, selama belum ada kesamaan pandangan antara pihak eksekutif dan legislatif dalam persoalan pendanaan program tersebut, pihaknya belum siap melaksanakan sertifikasi guru untuk tahun 2010. "Kebijakan ini diambil karena selama ini banyak terjadi kerancuan dalam proses sertifikasi guru," katanya.

Dia menilai, program ini belum terlalu matang untuk dijalankan, masih banyak yang perlu diperbaiki. Menurutnya perbaikan tersebut penting dilakukan, agar program sertifikasi untuk 2,2 juta guru di Indonesia tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Lebih lanjut Sunaryo mengatakan, selama ini peraturan pemerintah yang mengatur sertifikasi guru masih saling berbenturan dengan aturan lainnya. "Dari segi pendanaan sertifikasi guru mengambil rujukan dari Menteri Pendidikan Nasional, namun masih perlu dikaji kembali agar aturan yang satu dan lainnya lebih sinkron," katanya.

Dia bilang, pihaknya akan terus berupaya memperjuangkan perbaikan terhadap program sertifikasi guru mengingat kesejahteraan para guru di Indonesia bergantung pada program tersebut.

"Kami akan mengambil beberapa langkah awal untuk kemudian memperbaiki program ini," katanya.

Sunaryo menjelaskan, LPTK akan terus mengevaluasi pelaksanaan sertifikasi guru selama ini, sebab dari berbagai pelaksanaan yang sudah dijalankan dan banyak menimbulkan polemik.

"Hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi dan akan disampaikan kepada Menteri Pendidikan Nasional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com